Apa Itu RON pada BBM? Begini Ketentuan dan Cara Menghitungnya
Ilustrasi RON pada BBM (Foto: Twitter @yo2thok)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Istilah RON dalam bahan bakar minyak (BBM) ramai diperbincangkan masyarakat setelah pemerintah menaikkan harga BBM.

RON atau Research Octane Number selalu terdapat pada jenis bensin di Indonesia. Namun masih banyak yang belum tahu apa itu RON.

Beberapa waktu lalu viral unggahan di media sosial yang menampilkan kandungan RON pada Pertalite hanya 86. Padahal standarnya pertalite memiliki nilai RON setinggi 90. 

RON atau nilai oktan terdapat dalam penjelasan BBM dan selalu diikuti dengan nominal angka. Setiap jenis bensin memiliki nilai RON yang berbeda-beda. Nilai oktan sangat penting dipahami oleh pengguna kendaraan karena berpengaruh pada proses pembakaran mesin motor. 

Apa Itu RON?

RON atau nilai oktan adalah ukuran stabilitas bahan bakar. Angka oktan tiap jenis BBM menunjukkan jumlah tekanan yang diberikan sampai pada akhirnya bahan bakar akan terbakar secara spontan.

Jika RON semakin tinggi, maka kualitas bahan bakar juga semakin baik. Jika pembakaran tidak sempurna atau RON kurang pas, maka bisa menimbulkan kerak. Lalu dampak buruknya bisa menambah biaya perawatan kendaraan. Mesin yang rusak juga menyebabkan harga jual kendaaraan menurun. 

Cara Menentukan Angka Oktan atau RON

Penentuan nilai oktan atau RON berdasarkan pada rasio dua senyawa kimia, iso-oktana yang memiliki struktur dan sifat berbeda. Iso-oktana murni memiliki peringkat 100 dan n-heptana memiliki peringkat nol. 

Jadi campuran dari 90 persen iso-oktana dan 10 persen n-heptana akan menghasilkan nilai RON 90. Angka oktan yang semakin tinggi maka semakin banyak kompresi dari piston yang bisa ditahan bakan bakar sebelum mesin menyala. 

Pengukuran RON hyang akurat harus mengacu metode standar seperti ASTM RON method. Dalam pengujiannya seluruh proses dapat divalidasi dan alat yang dipakai selalu dikalibrasi. 

Standar pengujian nilai oktan menggunakan mesin Coordinating Fuel Research (CFR). Waktu yang dibutuhkan dalam pengukuran nilai oktan menggunakan mesin CFR selama kurang lebih 2,5 jam. Pengujiannya dilakukan oleh ahli operator yang mempunyai sertifikat. 

Cara kerja alat ukur oktan yang dijual di pasaran seperti prinsip menghitung sifat kimia fisika bahan bakar yang datanya sudah masuk dalam database memori alat. Hasil dari kerja alat ini tidak bisa dijadikan acuan dan tidak valid. 

Daftar RON BBM di Indonesia

Terdapat berbagai tingkat RON dalam tiap jenis BBM di Indonesia, yakni RON 89, RON 90, RON 92, RON 95, dan RON 98. Berikut daftar nilai RON yang ada pada SPBU Pertamina. 

Pertalite

Pertalite memiliki nilai oktan setinggi 90. Jenis BBM dengan RON ini cocok untuk kompresi 9:1 hingga 10:1.

Pertamax 

RON pertamax minimal 92 berstandar internasional. RON dengan nilai ini dianjurkan untuk penggunaan kendaraan berkompresi 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan yang sudah memakai teknologi setera dengan Electronic Fuel Injection (EFI). 

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo memiliki RON sebesar 98 dan kadar sulfur rendah sehingga tidak merusak kualitas udara.

Pertamax Racing

Pertamax Racing memiliki nilai oktan mininal 100. RON jenis ini direkomendasikan untuk kendaraan balap dan kendaraan berkompresi mesin lebih tinggi dari 13:1.

Itulah pengertian dari RON BBM dan jenis-jenisnya di SPBU Indonesia. Pemahaman mengenai RON perlu dimengerti oleh pengguna kendaraan karena penting untuk perawatan mesin kendaraan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.