Produk Mie Sedaap Kembali Ditarik Badan Pangan Singapura, Wings Group Milik Konglomerat Harjo Sutanto Buka Suara
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wings Group selaku perusahaan induk dari Mie Sedaap buka suara perihal kabar Badan Pangan Singapura (SFA) yang kembali menarik produk mi instan merek Mie Sedaap asal Indonesia karena kandungan pestisida dalam bubuk cabainya.

Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia Sheila Kansil dengan tegas membantah jika produk Mie Sedaap menggunakan kandungan etilen oksida.

Sheila menjelaskan bahwa penggunaan etilen oksida adalah hal umum dalam industri agrikultur sebagai zat sterilizer atau anti mikroba pada rempah-rempah dan biji-bijian yang masih digunakan hingga saat ini di Amerika Serikat, Kanada, dan berbagai negara lainnya namun ia membantah jika Mie Sedaap menggunakan etilen oksida.

"Mie Sedaap memastikan tidak menggunakan etilen oksida di seluruh lini produksi. Mie Sedaap telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," ujarnya dalam keterangan kepada media, Selasa 11 Oktober.

Dalam keterangannya, Sheila juga merinci standar itu di antaranya izin Badan Pengawas Obat & Makanan Republik Indonesia, sertifikat halal (MUI), sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan, dan sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

"Keamanan pangan dan keselamatan konsumen adalah prioritas utama kami. Yakinlah bahwa kami akan selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat," lanjutnya.

Untuk itu saat ini, lanjut Sheila, pihaknya tengah melakukan investigasi lebih lanjut dengan otoritas dalam negeri maupun negara-negara yang bersangkutan.

Sebelumnya diberitakan jika Badan Pangan Singapura (SFA) kembali menarik produk mi instan merek Mie Sedaap asal Indonesia karena kandungan pestisida dalam bubuk cabainya.

SFA melalui keterangan resminya menyatakan telah mengarahkan Indostop Singapura untuk menarik kembali mie instan Mie Sedaap Kari Spesial dan mie instan instan Korean Spicy Chicken.

"Melalui pengujian peraturan kami, SFA telah mengidentifikasi bubuk cabai terkontaminasi dengan etilen oksida," ujar SFA melalui keterangan resminya.

Penarikan terbaru tersebut terjadi pada mi instan cup Mie Sedaap Kari Spesial dengan masa kadaluwarsa 27 Maret 2023, dan mi instan cup Mie Sedaap Korean Spicy Chicken dengan masa kadaluwarsa 24 April 2023.

Ini adalah penarikan ketiga yang dilakukan oleh SFA terhadap produk merek Mie Sedaap milik Wingsfood. Sebelumnya, SFA telah pada 6 Oktober telah menarik produk Mie Sedaap varian Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken.