Antisipasi Tantangan Perdagangan Dunia, Mendag Zulhas Minta Eksportir Tingkatkan Kualitas Produk
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta para eksportir meningkatkan daya saing ekspor melalui peningkatan kualitas produk dan jangkauan pasar untuk menghadapi tantangan perdagangan dunia. Kata dia, para eksportir harus semakin mempersiapkan diri dalam menyambut potensi dan peluang-peluang yang ada.

Hal ini disampaikan Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan saat membuka Kuliah Ekspor Nasional 2022 dengan tema "New and Digital Exporter for Export Stronger" yang digelar secara hibrida di Kantor Kemendag Jakarta. Kuliah Ekspor Nasional 2022 diinisiasi oleh Sekolah Ekspor.

"Kami di Kementerian Perdagangan mendorong eksportir untuk dapat meningkatkan kualitas produknya dan jangkauan pasarnya, yang diharapkan dapat bermanfaat untuk memudahkan dan memperlancar serta meningkatkan ekspor," katanya dalam keterangan resmi, Kamis, 6 Oktober.

Kementerian Perdagangan, kata Zulhas, terbuka dan menyambut baik setiap kolaborasi untuk mendorong perdagangan Indonesia menjadi lebih kuat di pasar domestik dan memiliki daya saing di pasar global.

Lebih lanjut, Zulhas mengungkapkan, Indonesia merupakan bagian dari perdagangan global. Pada periode Januari-Agustus 2022, neraca perdagangan Indonesia mencetak surplus sebesar 34,92 miliar dolar. Selain itu, kinerja ekspor nasional menunjukkan hasil yang positif dengan peningkatan total ekspor nonmigas sebesar 35,24 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama.

"Fundamental ekonomi dan perdagangan yang kuat harus terus kita jaga. Hal ini dapat dilakukan dengan adanya semangat kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta seluruh pemangku kepentingan di sektor perdagangan," ujarnya.

Zulhas juga menyampaikan pentingnya memiliki kemampuan untuk melakukan bisnis secara digital. Sebab, ini merupakan hal mendasar yang harus dimiliki pelaku usaha di era ini. Selain itu, penggunaan platform digital dapat membantu membuat pemasaran dan transaksi lintas batas menjadi lebih efisien dan menghemat biaya.

"Digitalisasi perdagangan memberikan berbagai macam dampak baik dan dampak buruk. Peningkatan teknologi harus diimbangi dengan peningkatan keahlian yang dimiliki oleh semua pengguna teknologi," ucapnya.

Kata Zulhas, kontribusi eksportir tidak bisa dipandang dengan sebelah mata bagi perekonomian nasional. Begitu banyak produk Indonesia yang telah berhasil menembus pasar ekspor, tetapi masih terdapat produk yang belum memenuhi standar kualitas ekspor.

"Kementerian Perdagangan terbuka dan menyambut baik setiap kolaborasi untuk mendorong perdagangan Indonesia menjadi lebih kuat di pasar domestik dan memiliki daya saing di pasar global," jelasnya.

Zulhas berharap Sekolah Ekspor mampu mencetak banyak eksportir andal yang mampu memperlihatkan kepada dunia hasil inovasi dan kreasi produk-produk Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

"Kuliah Ekspor Nasional 2022 ini merupakan langkah yang tepat dalam mempersiapkan potensi dan peluang-peluang yang ada, khususnya peluang bagi eksportir dan calon eksportir Indonesia," tutupnya.