REI Banten Siapkan 12.000 Unit Rumah Subsidi
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) Banten memberikan rumah bersubsidi sebanyak 12.000 unit/ tahun untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah agar memiliki rumah yang layak huni.

"Pada tingkat nasional, kami menawarkan rumah bersubsidi setelah Jawa Barat. Potensi Banten cukup besar untuk memberikan rumah bersubsidi dengan delapan kabupaten dan kota itu," kata Ketua REI Banten Roni Hadiriyanto Adali di Serang, dikutip dari Antara, Kamis 29 September.

REI Banten kini fokus untuk memberikan rumah bersubsidi wilayah Banten bagian barat dari sebelumnya Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

Wilayah Banten bagian barat antara lain Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon, karena potensi memiliki rumah bersubsidi cukup besar.

Untuk mempromosikan rumah bersubsidi akan menggelar pameran industri properti di Kota Cilegon untuk memperkenalkan kepada masyarakat yang belum memiliki rumah agar mendapatkan kemudahan pelayanan dengan berbagai fasilitas rumah bersubsidi.

Selain itu membangkitkan kembali asosiasi REI, sekaligus untuk mendongkrak pemasaran industri properti di Banten.

Rumah bersubsidi itu dengan suku bunga relatif kecil hingga lima persen plat angsuran selama 20 tahun dibandingkan rumah komersial cukup tinggi dengan suku bunga antara 11 - 12 persen, tergantung bank komersial yang kini meningkatkan suku bunga untuk mengatasi inflansi.

"Saya kira dengan memberikan rumah bersubsidi dipastikan dapat menggeliatkan perekonomian nasional pandemi COVID-19 itu, " katanya menjelaskan.

Menurut dia, REI kini memiliki program "REI Banten menggeliat, properti melesat', sehingga masyarakat yang belum memiliki rumah bisa dengan rumah bersubsidi. 

Pihaknya mengapresiasi stokholder dan pemerintah daerah mendukung industri properti di Banten menggeliat untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah agar memiliki rumah yang layak huni juga bersubsidi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Kami memberikan rumah bersubsidi itu untuk membantu pemerintah agar kesejahteraan masyarakat lebih baik," katanya.