Luncurkan Program Solar untuk Koperasi Nelayan, Erick Thohir: Pemerintah Hadir untuk Rakyat
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir (tengah) dan Menteri Koperasi UKM Teten Masduki (kiri) bergerak cepat untuk merespons kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) bagi nelayan. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Koperasi UKM Teten Masduki bergerak cepat untuk merespons kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) bagi nelayan.

Kedua instansi bersama Pertamina meluncurkan Program Solar untuk Koperasi Nelayan.

Kata Erick, program ini bentuk langkah cepat pemerintah mencari solusi di tengah kebijakan pengurangan subsidi BBM bagi kalangan mampu.

Dengan program bertajuk Solar untuk Koperasi Nelayan ini, Erick setiap nelayan mendapatkan harga BBM yang terjangkau.

Lebih lanjut, Erick mengatakan, Program Solar untuk Koperasi Nelayan akan memberikan BBM secara tepat sasaran bagi nelayan yang membutuhkan.

Pasalnya, koperasi nelayan memiliki data nelayan per nama dan alamat, maka solar bersubsidi bisa lebih tepat sasaran.

"Kita akan meluncurkan program solusi nelayan di mana program ini adalah Program Solar untuk Koperasi Nelayan. Kita akan coba di tujuh titik sebagai pilot project dalam tiga bulan ke depan," ujar Erick, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin, 5 September.

Erick menjelaskan, tujuh lokasi ini adalah pilot project. Jika sukses selama tiga bulan, maka program ini akan menjadi kebijakan nasional di seluruh nusantara.

Menurut dia, program ini sesuai dengan semangat dan amanah Presiden Jokowi agar pemerintah hadir memberi solusi di tengah kebutuhan masyarakat.

"Kita mulai secara bertahap untuk membantu nelayan yang membutuhkan. Kita buktikan pemerintah hadir, pemerintah memberikan solusi untuk nelayan," ujar Erick.

Erick memastikan dirinya akan bekerja keras untuk memastikan program yang diberi nama Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan berjalan baik.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan program ini akan memberi dampak langsung pada kesejahteraan nelayan.

Dengan solusi solar untuk koperasi nelayan ini, kata Teten, akan memperbaiki akses nelayan untuk mendapatkan kemudahan solar.

"Sehingga nanti kenaikan solar tidak terlalu berdampak karena rantai pasoknya akan diperbaiki," ujar Teten.

Sementara itu, Dirut Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan bahwa tujuh lokasi yang akan menjadi pilot project Program Solar untuk Koperasi Nelayan adalah di Lhoknga (Aceh), Deli Serdang, Indramayu, Pekalongan, Semarang, Surabaya, dan Lombok Timur.

Rencananya, lanjut Nicke, awal Desember nanti akan berlangsung di seluruh Indonesia. Kata dia, Pertamina menyambut baik program ini.

"Karena akan memudahkan pertamina dalam menyalurkan BBM bersubsidi untuk nelayan karena melalui koperasi ini yang anggotanya by name by addres bisa dipastikan ini akan langsung ke para nelayan," ujarnya.