Apa Itu Manager Investasi? Pengertian, Jenis, dan Contoh
Apa Itu Manager Investasi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang di era ini berbondong-bondong untuk lakukan investasi agar masa depan lebih baik. Tentunya investasi sendiri sudah menjadi sebuah tren yang amat populer dikalangan masyarakat masa kini. Namun pernah mendengar istilah apa itu manager investasi?

Apa Itu Manager Investasi

Manajer investasi adalah orang atau organisasi yang membuat keputusan investasi tentang portofolio sekuritas atas nama klien berdasarkan tujuan dan parameter investasi yang telah ditentukan klien. 

Manajer investasi dapat menangani semua aktivitas yang terkait dengan pengelolaan portofolio klien, mulai dari pembelian dan penjualan sekuritas sehari-hari hingga pemantauan portofolio, penyelesaian transaksi, pengukuran kinerja, dan pelaporan peraturan dan klien.

  • Manajer investasi adalah orang atau organisasi yang menangani semua kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan keuangan, investasi, dan pengelolaan portofolio untuk individu atau organisasi.
  • Klien manajer investasi dapat berupa investor individu atau institusi.
  • Manajemen investasi termasuk merancang strategi dan mengeksekusi perdagangan dalam portofolio keuangan.
  • Jenis manajer investasi yang dibutuhkan tergantung pada kebutuhan spesifik individu dan tahap perencanaan keuangan. 
  • Para ahli menyarankan untuk mengevaluasi sejumlah faktor, seperti kinerja dan biaya, sebelum memilih manajer investasi.
  • Empat perusahaan manajemen investasi terbesar di dunia adalah BlackRock Inc., Vanguard Group, State Street Global Advisors, dan Fidelity Investments

Pengertian Manajer Investasi

Manajer investasi dapat berkisar dari kantor satu atau dua orang hingga perusahaan multi-disiplin besar dengan kantor di beberapa negara. Manajer investasi biasanya mendasarkan biaya yang mereka bebankan kepada klien pada persentase aset klien yang dikelola.

Misalnya, seorang individu dengan portofolio $5 juta yang ditangani oleh manajer investasi yang mengenakan biaya 1,5 persen per tahun akan membayar biaya $75.000 per tahun. Menurut Willis Towers Watson, pada tahun 2020, empat perusahaan manajemen investasi terbesar di dunia berdasarkan AUM adalah BlackRock Inc. sebesar $7,4 triliun, The Vanguard Group sebesar $6,2 triliun, State Street Global Advisors sebesar $3,1 triliun, dan Fidelity Investments sebesar $3 triliun.

Jenis Manajer Investasi

Investor harus memahami berbagai jenis manajer investasi. Perencana keuangan bersertifikat biasanya mengembangkan rencana keuangan holistik untuk investor yang mempertimbangkan informasi seperti pendapatan, pengeluaran, dan kebutuhan uang tunai di masa depan saat merencanakan portofolio. Namun, penasihat keuangan sering kali adalah pialang saham. Manajer portofolio secara langsung menginvestasikan modal investor untuk mencapai hasil investasi yang positif.

Saat ini, industri sedang berubah dan penasihat keuangan sekarang dapat menjadi konsultan keuangan pribadi yang bekerja dengan pialang saham. Selain itu, Robo-advisors adalah platform fintech yang memanfaatkan teknologi dan pengetahuan investasi untuk memberi tahu individu tentang uang dan investasi mereka dan menyediakan manajemen investasi otomatis atas nama investor biasa.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Manajer Investasi

Investor harus menentukan jenis manajer investasi apa yang mereka butuhkan. Ini mungkin tergantung pada tahap apa yang telah mereka capai dalam proses perencanaan keuangan. Misalnya, seorang investor yang baru memulai perjalanan tabungannya mungkin tidak memerlukan jasa manajer portofolio. Sebaliknya, dia akan lebih baik dengan Certified Financial Planner (CFP), yang dapat mengajarinya dasar-dasar perencanaan pensiun. Sebaliknya, investor yang memiliki sisa pendapatan setelah ditabung dan ingin menginvestasikannya dalam sekuritas lebih baik dengan manajer portofolio.

Pemeriksaan latar belakang kualifikasi peraturan profesional manajer investasi akan mengungkapkan keluhan sebelumnya dan memastikan manajer memiliki keterampilan dan pengalaman yang diperlukan. Sebagian besar manajer investasi dan dana menguraikan filosofi investasi mereka di situs atau brosur mereka. Investor harus menentukan apakah filosofi (dan tingkat risiko) itu sesuai dengan tujuan mereka.

Manajer investasi harus mudah dihubungi dan mempertimbangkan kebutuhan spesifik klien. Karena kebutuhan keuangan terus berubah, investor harus merasa nyaman menghubungi manajer investasi mereka dalam waktu singkat untuk menyesuaikan layanan.

Contoh Manajer Investasi

Galih dan Ratna sama-sama berusia 30 tahun dan sedang menantikan anak pertama mereka. Mereka memiliki beberapa tabungan yang ditumpuk tetapi juga memiliki komitmen lain, seperti pembayaran hipotek di rumah baru mereka. 

Mereka tidak yakin apakah uang tunai yang tersedia cukup untuk membantu mereka merencanakan kedatangan baru. Mereka berkonsultasi dengan Certified Financial Planner (CFP) untuk membantu merencanakan keuangan mereka. 

CFP menyarankan berbagai pilihan, seperti menyisihkan uang tunai untuk dana pendidikan, untuk membantu mereka merencanakan anak.

Setelah mengetahui apa itu manager investasi, simak berita menarik lainnya hanya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!