Kurangi Ketergantungan terhadap Harga Minyak Global, Indonesia Perlu Lakukan Diversifikasi Energi
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

SOLO - Ekonom dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Anton Agus Setyawan mengatakan, Indonesia perlu segera mendiversifikasi energi untuk mengurangi ketergantungan terhadap harga minyak global.

"Sebetulnya sejak tahun 2008 pemerintah sudah mencanangkan masterplan konversi energi, tidak lagi tergantung pada energi fosil, minyak bumi, dan gas," katanya dikutip dari Antara, Minggu, 4 September.

Menurut dia, melalui upaya untuk melakukan diversifikasi energi terbarukan, maka masyarakat lambat laun akan mulai mengurangi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Jadi tidak tergantung pada fluktuasi harga minyak global. Selain itu, ketika BBM habis kita siap dengan energi alternatif yang terbarukan yang sebenarnya sumbernya di Indonesia banyak. Jadi jangan mikir jangka pendek saja, tapi juga jangka menengah dan panjang, dan kemampuan pemerintah bisa melakukan itu," katanya.

Sementara itu, untuk menyikapi kenaikan harga beberapa jenis BBM mulai Sabtu, 3 September, ia mengkhawatirkan dampaknya akan berpengaruh terhadap kenaikan inflasi dalam negeri.

Ia menjelaskan, sejak awal tahun hingga saat ini angka inflasi terus memperlihatkan kenaikan.

Bahkan, pada akhir tahun angka inflasi secara nasional bisa mencapai kisaran 6 persen.

"Itu kalau tanpa ada kenaikan BBM. Kontribusi terbesar dari bahan pangan sekitar 11 persen, kalau ditambah BBM saya khawatir sampai akhir tahun nanti inflasinya tembus dua digit," katanya.

Jika kondisi tersebut terjadi, ia memastikan, daya beli masyarakat akan tergerus banyak.

"Belum lagi akumulatif harga BBM terutama solar bersubsidi karena dipakai bahan bakar logistik, tentu akan berpengaruh ke harga komoditas. Dampak paling serius bagaimana dampak inflasi tahunan kita, nanti kalau pemerintah punya target pertumbuhan ekonomi 5,43 persen tapi inflasi dua digit kan sama saja," katanya.