Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal dipengaruhi beragam sentimen pada perdagangan Rabu 31 Agustus, setelah kemarin indeks ditutup menguat 0,38 persen ke level 7.159,47.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, IHSG kemarin menguat di tengah sentimen negatif yang beredar, seperti pernyataan hawkish Gubernur Federal Reserve Jerome Powell. Ada juga sentimen dari rencana kenaikan BBM subsidi yang diperkirakan akan menurunkan daya beli dan meningkatkan inflasi Indonesia.

Pada perdagangan Rabu ini, Herditya mengimbau investor mewaspadai potensi koreksi IHSG apabila tidak mampu menembus level resistance di 7.230. Sementara untuk level support ada di 7.110 terlebih dahulu.

"Investor dapat mencermati saham RALS, PTPP, dan ADHI." kata dia dalam riset.

Sementara analis Panin Sekuritas Christian Anderson Yuwono menebak, IHSG akan bergerak di rentang support 7.010 dan resistance di level 7.235 pada perdagangan Rabu.

Sejumlah sentimen diproyeksi mewarnai pergerakan IHSG.  Dari dalam negeri, pasar menunggu rilis data inflasi Indonesia. Sementara dari luar negeri, ada sentimen eskalasi ketegangan antara China dan Taiwan.

"Karena Presiden AS Joe Biden dilaporkan mengajukan penyetujuan penjualan senjata ke Taiwan senilai 1,1 milliar dolar AS," jelas Christian.

Christian pun merekomendasikan beberapa saham, di antaranya WIKA, WSKT , BRIS, BBYB, MAPI , dan RALS pada perdagangan Rabu.