Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak yang berpendapat salah satu investasi yang terbaik saat ini adalah berupa investasi membeli saham. Hal ini dikarenakan kita akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan tersebut dari keuntungan yang di miliki, apalagi kalau Investasi saham Syariah.

Pada dasarnya sistem pembelian saham merupakan jenis investasi yang diperbolehkan oleh Islam karena di sana ada yang namanya unsur bagi hasil.

Contohnya kalau Anda menanamkan sejumlah dana untuk saham di perusahaan makanan. Dikala perusahaan itu memperoleh profit dalam jumlah tertentu, Anda bahkan akan mendapatkan imbasnya atau akan mendapat dividen dari profit itu. 

Sebaliknya, apabila perusahaan itu mengalami kerugian Anda bahkan akan ikut serta menanggung kerugiannya. Tiap ada profit karenanya akan dibagi bersama dan jikapun mengalami kerugian akan ditanggung bersama. Meski demikian, beberapa umat Islam masih ragu akan kehalalan transaksi saham konvesional.

Kebanyakan dari mereka cemas ada komponen yang melanggar aturan Islam sehingga diragukan kehalalannya. Oleh sebab itu, hadirlah saham syariah yang memberikan keyakinan dan keamanan bagi umat Islam yang berkeinginan membeli saham.

Investasi Saham Syariah

Pada dasarnya saham syariah sama dengan saham konvesional, perbedaannya yakni saham syariah mewajibkan perusahaan penerbit saham daerah kita menanam modal yaitu perusahaan-perusahaan yang mempunyai prinsip syariah dan aktivitas operasionalnya tak melanggar prinsip syariah.

Contohnya, perusahaan yang tak menjalankan riba, perusahaan yang produknya dijamin kehalalannya, perusahaan yang tak menjalankan praktek perjudian atau perdagangan yang dilarang. Berikut sebagian langkah yang perlu Anda Sikapi pertimbangkan dan lakukan dikala mau berinvestasi saham syariah, terutama di Indonesia.

Cari Tahu Saham yang diinginkan

ketika berinvestasi dengan membeli saham, berarti ada tingkat risiko dari dana yang Anda tanamkan. Oleh sebab itu, hal yang betul-betul penting untuk  Sikapi yaitu mengenal khususnya seluk-beluk perihal| saham yang diharapkan sebelum membelinya ke perusahaan sekuritas ataupun agen saham lainnya. 

Pada saham syariah, Anda harus mengenali daftar perusahaan apa saja yang dapat Anda tanamkan saham di dalamnya. Metode mengenal hal ini, Anda bisa mengeceknya di Daftar Efek Syariah yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pada daftar itu ditampilkan perusahaan saham yang tak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal. 

Ada dua tipe Daftar Efek Syariah yang diterbitkan, yakni yang bersifat periodik dan diterbitkan secara terstruktur  pada akhir Mei atau November dalam setiap tahun serta yang bersifat tak terjadwal.

Pastikan Saham Bebas Dari Praktik yang Tidak Sesuai Dengan Ajaran Islam

Sesudah mengenal daftar perusahaan yang dapat  beli untuk berinvestasi  syariah, langkah selanjutnya merupakan memeriksa akurasi perusahaan itu. Pastikan bahwa saham yang teregistrasi, bebas dari praktik-praktik yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Prasyarat-prasyaratnya seperti berikut ini:

  1. Macam usaha, produk barang atau jasa, serta akad dan pengelolaan perusahaan tak boleh berseberangan dengan prinsip syariah.
  2. Perusahaan harus menandatangani dan memenuhi ketetapan akad layak dengan prinsip syariah.
  3. Perusahaan seharusnya mempunyai Syariah Compliance Officer (SCO) untuk menerangkan prinsip syariah yang dianutnya. SCO merupakan pejabat atau petugas di institusi atau perusahaan yang sudah disertifikasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia sebagai pedoman bahwa dia memahami konsep syariah di pasar modal.

Mendatangi Perusahaan Sekuritas

Sesudah memahami daftar perusahaan yang sahamnya berkonsep syariah, saatnya  Sikapi mulai berperilaku kongkret. Apabila memang berniat berinvestasi dengan saham syariah, langsung datangi perusahaan sekuritas terpercaya yang memasarkan saham syariah yang diharapkan. 

Pastikan perusahaan sekuritas itu diakui Otoritas Jasa Keuangan. Dengan semacam itu, Anda bisa memercayakan dana di sana. Mintalah penjelasan secara terperinci dari petugas perusahaan sekuritas itu untuk menjadi pembanding dan komplemen berita dari emiten yang mau Anda beli.

Setelah mengenal investasi saham syariah, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!