Wamenkeu Suahasil: Aset Negara Rp11.400 triliun Harus Beri Manfaat kepada Masyarakat
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara meminta aset negara yang saat ini mencapai Rp11.400 triliun dapat dioptimalkan secara inovatif. Harapannya, langkah ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Suahasil ketika melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta pekan ini.

“Kalau kita terus kreatif, maka republik ini akan terus mendapatkan ide-ide dan terobosan-terobosan baru dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat," ujarnya dalam keterangan pers ketika berpidato di acara Penghargaan The Asset Manager, Sabtu, 27 Agustus.

"Oleh karena itu, saya senang sekali kalau Kementerian Lembaga, BLU (Badan Layanan Umum), dan pemerintah daerah bisa terus menciptakan kreativitas dan mencari kreativitas baru,” lanjutnya.

Menurut Suahasil, aset sebesar Rp11.400 triliun tersebut merupakan aset pemerintah pusat di luar aset pemerintah daerah. Keberadaannya tersebar di seluruh kementerian/lembaga, termasuk di Badan Layanan Umum (BLU).

Wakil Sri Mulyani itu pun berharap setiap instansi pemerintahan bisa mendapatkan inspirasi dari aset yang dimiliki.

Sebagai informasi, acara The Asset Manager 2022 merupakan kompetisi pengelolaan aset negara di Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), BLU di bawah Kementerian Keuangan.

Tema yang diangkat adalah optimalisasi aset negara guna mendukung penguatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini sejalan dengan semangat penguatan ekonomi melalui penguatan pilar strategis.

Termasuk pariwisata dan industri kreatif yang dinilai memiliki dampak multiplier bagi perekonomian masyarakat.

Adapun jumlah peserta The Asset Manager pada tahun ini sebanyak 108 peserta yang merupakan perwakilan kementerian/lembaga negara, BLU, pemerintah daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Wamenkeu meminta LMAN untuk meningkatkan lagi jumlah peserta di tahun depan karena masih banyak potensi peserta yang dapat mengikuti kegiatan tersebut.

“Sangat penting teman-teman pengelola The Asset Manager, LMAN bisa men-trigger kreativitas dengan acara kompetisi yang lebih baik. Saya mengucapkan terima kasih untuk LMAN,” tutup Wamenkeu Suahasil Nazara.