HUT ke-77 RI, Menko Airlangga: Ekonomi Tumbuh di Atas 5 Persen, Neraca Dagang Surplus 27 Bulan
Menko Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Aburizal Bakrie. (Foto: Dok Ekon.go.id)

Bagikan:

JAKARTA - Semarak peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia dapat dirasakan di berbagai penjuru Indonesia.

Di tengah berbagai krisis dan tantangan global seperti pandemi COVID-19, disrupsi rantai pasok, krisis pangan dan energi, serta perubahan iklim, namun ekonomi Indonesia mampu bangkit dengan pertumbuhan di atas 5 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras selama ini.

Kata dia, kantor Kemenko tidak pernah tutup atau lockdown, sepanjang 2,5 tahun menerapkan sistem kerja dari kantor atau work from office untuk menjaga urat nadi perekonomian.

"Dalam semester pertama tahun ini, ekonomi Indonesia tetap tumbuh di atas 5 persen dan disertai stabilitas yang relatif baik. Neraca dagang mencatatkan surplus 27 bulan berturut-turut, capaian vaksinasi termasuk dalam lima besar dunia," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu, 21 Agustus.

Tak hanya itu, Airlangga mengatakan hilirisasi nikel juga berhasil meningkatkan ekspor besi baja.

Kemudian, Indonesia juga berhasil swasembada beras sejak 2019, dan inflasi yang berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen.

"Indonesia juga dipercaya di tingkat internasional dimana kita menjadi pemimpin G20, Champions Group GCRG, dan tahun depan akan menjadi ketua dari ASEAN," tutur Menko Airlangga.

Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, Airlangga beserta Menteri Keuangan yang sekaligus merupakan Menko Perekonomian periode Juni 2008-Oktober 2009 Sri Mulyani Indrawati; Menko Perekonomian periode Oktober 2004-Desember 2005 Aburizal Bakrie, dan Menko Perekonomian periode Juni 2001-Agustus 2001 Burhanuddin Abdullah Harahap secara resmi membuka Mini Studio Kemenko Perekonomian yang bernama EkonIcon.

Pada kesempatan itu, Airlangga juga memberikan cinderamata sebagai bentuk penghargaan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, Aburizal Bakrie, dan Burhanuddin Abdullah Harahap selaku pendahulu Menko Perekonomian yang telah meletakkan pondasi yang kuat dalam membangun kantor Kemenko Perekonomian sehingga dapat berhasil melewati tantangan-tantangan di setiap masa.

"Saya harap di Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia, kita bisa semakin semangat dan dengan Ulang Tahun Ke-56 Kemenko Perekonomian, kita masih siap untuk bekerja keras untuk Indonesia yang lebih baik," ucapnya.