JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan tiga tantangan yang dihadapi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Indonesia yakni peningkatan kualitas produk, pemasaran dan pembiayaan.
Ia mengatakan pelaku ekraf harus meningkatkan kualitas produknya sehingga berdaya saing dan naik kelas.
Oleh karena itu, kata Sandiaga, pihaknya terus melakukan pembinaan.
"Kami memberikan pelatihan, pendampingan terutama untuk digitalisasi,” ujarnya dilansir ANTARA, Minggu, 17 Juli.
Tantangan kedua yakni berkaitan dengan pemasaran produk. Untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk ekraf, maka hasil rakitan para pelaku usaha harus memiliki nilai otentik, relevan, dan menjadi buah bibir.
Ia mencontohkan, produk kerajinan limbah plastik hasil olahan seorang pelaku usaha bernama Evi Rosita yang menceritakan perjuangan menghadapi kanker payudara sejak 2018 sembari tetap melakukan usaha kriya.
Bagi Sandiaga, cerita perjuangan Eva yang orisinal dan menarik dapat menjadi motivasi bagi para pengidap kanker lainnya untuk melakukan kegiatan usaha.
Produk yang dibuat oleh Eva juga dinilai relevan karena salah satu masalah utama Indonesia adalah berkaitan dengan sampah.
Setelah memiliki nilai orisinalitas dan relevansi produk, produk kerajinan limbah tersebut bakal menjadi buah bibir masyarakat terutama di kalangan pengidap kanker.
“Produk- produk ini bisa dibeli keluarganya dulu karena keluaga Bu Eva pasti simpati terhadap perjuangan mengatasi kanker. Kedua adalah komunitas, dan terakhir bisa ditawarkan di event internasional ketika produknya sudah kelas dunia,” ungkap Menparekraf.
Adapun tantangan ketiga yaitu perihal pembiayaan yang sudah diberikan melalui pelbagai program pemerintah.
BACA JUGA:
Salah satunya adalah bantuan pembiayaan Rp1 juta untuk pelaku usaha tahap rintisan di Cilegon sebagaimana yang disampaikan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.
Dia mengaku telah bekerja sama dengan Bank BJB milik pemerintah Jawa Barat dan Banten untuk memberikan fasilitas pinjaman Mesra (masyarakat ekonomi sejahtera) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar 0 persen dengan biaya administrasi 8 persen guna biaya pelatihan.
“Kami sudah mengumpulkan perbankan seluruh Cilegon yang akan mengadakan pameran khusus untuk sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) agar nanti ada pinjaman dari pelaku usaha,” ucapnya.