Lepas 150 Juta Saham ke Publik, Perusahaan Penyedia Jasa Angkutan Berat PT Utama Radar Cahaya Incar Dana Hingga Rp22,5 Miliar
Salah satu armada milik Utama Radar Cahaya. (Foto: Dok. Utama Radar Cahaya)

Bagikan:

JAKARTA - PT Utama Radar Cahaya Tbk ikut mengantre daftar calon perusahaan tercatat (emiten) di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan penyedia jasa angkutan berat ini melepas 150 juta saham atau 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dalam dokumen penawaran Utama Radar yang tertuang di e-ipo.co.id, Jumat 8 Juli, perseroan menawarkan harga sahamnya mulai Rp110 sampai Rp150. Dengan begitu, dana yang akan diperoleh bisa mencapai Rp16,5 miliar hingga Rp22,5 miliar.

Dari dana hasil IPO ini, Utama Radar mengalokasikan 75,17 persen untuk pembelian kendaraan truk bekas yang terdiri dari tronton loss bak Isuzu sebanyak 3 unit, tronton loss bak Hino sebanyak 12 unit, tronton dump Hino sebanyak 2 unit, trailer loss bak Hino sebanyak 3 unit, trailer tangki Hino sebanyak 2 unit dan tronton tangki Isuzu sebanyak 5 unit.

Selain itu, 9,22 persen untuk modal kerja. Kemudian 7,59 persen untuk pembelian suku cadang dan 2,99 persen untuk pembayaran angsuran sewa lahan parkir selama dua tahun.

Perseroan juga mengalokasikan 2,2 persen untuk biaya balik nama 27 armada truk, 1,7 persen untuk pembangunan fasilitas penunjang lahan parkira, 0,37 persen untuk pembelian alat GPS 27 truk, serta 0,76 persen pembayaran asuransi TLO.

Dalam penawaran umum perdana saham ini, perseroan menunjuk PT Elit Sukses Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Adapun masa penawaran awal saham dengan kode RCCC ini berlangsung mulai hari ini hingga 12 Juli untuk dapat izin efektif pada 25 Juli. Dilanjutkan masa penawaran umum 27-29 Juli dan pencatatan di Bursa Efek pada 2 Agustus.