40 Perusahaan Telah Terbitkan 52 Emisi Obligasi dan Sukuk Rp64,2 Triliun
Bursa Efek Indonesia. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Emisi obligasi dan sukuk di Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali bertambah. Terutama setelah mencatatkan obligasi berkelanjutan IV tahap I yang diterbitkan PT Surya Artha Nusantara Finance atau SAN Finance.

Dalam keterangan BEI yang dikutip Senin 13 Juni, obligasi SAN Finance tersebut bernilai Rp750 miliar. Obligasi ini terdiri dari dua seri.

Di antaranya seri A Rp150 miliar dengan bunga 4,5 persen dan jangka waktu 370 hari. Serta seri B Rp600 miliar berbunga 7,05 persen dengan jangka waktu tiga tahun.

Atas pencatatan obligasi SAN Finance tersebut, total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat di BEI pada tahun ini bertambah menjadi 52 emisi dari 40 emiten. Adapun total nilainya mencapai Rp64,2 triliun.

Sebelumnya, BEI mencatat ada pipeline pencatatan efek bersifat utang dan sukuk terdapat 36 emisi yang rencananya akan diterbitkan oleh 30 perusahaan dengan perkiraan total dana yang akan dihimpun sebesar Rp44,9 triliun.

Sebagai tambahan informasi, obligasi SAN Finance ini mendapat peringkat AA(idn) (Double A) dan idAA (Double A) dari PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) dan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) . Sementara, bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.