Mengenal Premi Asuransi dan Jenis-jenisnya
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam dunia asuransi ada banyak istilah-istilah yang harus Anda ketahui. Ada polis, klaim, nasabah, penanggung, tertanggung, premi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada artikel ini, akan dibahas tentang premi asuransi.

Sebagai calon nasabah asuransi, sebelum mengajukan klaim asuransi Anda wajib tahu terlebih dahulu apa itu premi asuransi yang juga keterangannya tercantum di polis asuransi.

Berikut ini pengertian premi asuransi rinciannya lengkap:

Apa Itu Premi Asuransi

Premi adalah sejumlah uang (iuran) yang harus dibayarkan oleh nasabah sebagai pihak tertanggung kepada perusahaan sebagai pihak penanggung. Dengan begitu perusahaan asuransi bisa diartikan sebagai iuran wajib bagi nasabah asuransi yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi.

Arti premi menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi, atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaat.

Apakah premi itu mahal? Sebenarnya ini relatif dan bergantung kepada kemampuan finansial calon nasabah.

Karena itu, disarankan bagi nasabah tidak buru-buru tanda tangan polis sebelum mengetahui besaran preminya.

Namun ada juga perusahaan yang memberikan kebebasan kepada nasabahnya untuk menentukan besaran premi sesuai kemampuannya. Jadi pada intinya, besaran premi yang harus dibayar sesuai kesanggupan bayar.

Tujuan Premi Asuransi

Apa saja tujuan premi asuransi itu? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya yang harus Anda ketahui :

Pemerataan Biaya

Salah satu tujuan premi adalah pemerataan biaya. Maksudnya adalah dengan adanya asuransi, maka Anda tidak perlu menanggung sendiri kerugian dan resiko tetapi ada pihak asuransi yang membantu meringankannya.

Memang Anda pasti membayar iuran, tapi jumlahnya tidak terlalu besar karena juga ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Mendapatkan Jaminan Perlindungan

Setelah membayar premi, Anda akan mendapatkan jaminan perlindungan sesuai dengan produk asuransi yang sudah dipilih.

Jenis Premi Asuransi

Berdasarkan jenis-jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, premi masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Premi Asuransi Kesehatan

Premi asuransi kesehatan adalah premi yang harus dibayarkan untuk memperoleh manfaat seputar kesehatan seperti rawat jalan, rawat inap, konsultasi dokter, operasi, perawatan gigi, persalinan, dan sebagainya.

Besarannya disesuaikan dengan limit pertanggungan yang dibayarkan perusahaan asuransi. Umumnya biaya iuran untuk asuransi kesehatan berada di kisaran Rp150 ribuan dan Asuransi Ramayana merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang menawarkan asuransi kesehatan.

Premi Asuransi Jiwa

Premi asuransi jiwa adalah premi yang dibayar peserta asuransi jiwa ke perusahaan asuransi supaya ahli waris atau penerima manfaat bisa memperoleh uang pertanggungan atau uang santunan sesuai kesepakatan dalam polis. Asuransi jiwa sendiri merupakan asuransi yang diberikan untuk menanggung kerugian finansial karena meninggal dunia.

Semakin tinggi uang pertanggungannya, maka semakin besar pula premi yang harus Anda bayarkan.

Premi Asuransi Mobil

Premi asuransi mobil merupakan premi yang dibayarkan oleh nasabah asuransi mobil untuk mendapatkan manfaat pertanggungan biaya perbaikan kerusakanvmobil baik itu sebagian, total, hingga kehilangan. Besaran premi bergantung kepada jenis asuransi mobil.

Sebagaimana yang diketahui, asuransi mobil terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO). Asuransi all risk pembayarannya lebih mahal daripada TLO karena asuransi TLO hanya membayar kerusakan sekitar 75 persen saja.

Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Premi ini dibayarkan oleh peserta atau nasabah asuransi ke perusahaan untuk memperoleh manfaat berupa uang santunan setelah mengalami kecelakaan.

Biaya asuransi kecelakaan ini tergolong terjangkau, berada di kisaran Rp160 ribu hingga Rp170 ribu per tahunnya.

Premi Asuransi Perjalanan

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi kepada orang-orang yang suka jalan-jalan atau traveling yaitu asuransi perjalanan.

Dengan premi asuransi perjalanan bisa diartikan sebagai premi yang dibayar nasabag asuransi ke perusahaan asuransi supaya berhak mendapatkan pertanggungan atas gangguan, biaya medis, rawat inap, hingga uang santunan selama perjalanan dari berangkat sampai pulang kembali.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, tujuan, dan jenis-jenis asuransi yang harus Anda ketahui. Selalu pertimbangkan masalah finansial belum memutuskan memilih asuransi.