Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas pemudik dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok. Totalnya ada sebanyak 1.109 orang penumpang di kapal KM. Dobonsolo termasuk diantaranya 470 orang peserta mudik gratis.

Rincian lainnya yaitu 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya. Kapal KM. Dobonsolo diberangkatkan hari ini, pada pukul 13.30 WIB dari dermaga terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dalam siaran langsung di akun Instagramnya @erickthohir sempat menyapa sejumlah penumpang sebelum melepas keberangkatannya. Melihat antusiasme masyarakat, Erick mengaku ikut merasakan kebahagiaan pemudik yang sudah dua tahun tak bisa pulang ke kampung halaman.

Sekadar informasi, Kapal KM. Dobonsolo pada masa periode lebaran tahun ini diberikan tugas layanan tambahan dengan memuat peserta mudik motor gratis tujuan Semarang dan Surabaya.

"Saya merasakan kebahagiaan para pemudik yang tadi di atas KM Dobonsolo. Dua tahun tak dapat bertemu keluarga, Insya Allah Idulfitri tahun ini dapat melepas rindu," katanya dikutip dari Instagram resminya @erickthohir, Selasa, 26 April.

Erick berpesan kepada para penumpang untuk menjaga protokol kesehatan. Dengan begitu diharapkan bisa menjaga keamanan kesehatan selama perjalanan mudik.

"Pesan saya, selalu jaga protokol kesehatan agar mudik dapat berjalan aman dan nyaman," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erick juga menitipkan kenyamanan para penumpang kepada kru KM Dobonsolo yang bertugas.

"Untuk seluruh kru KM Dobonsolo yang tetap bertugas selama masa Lebaran ini, saya titip para pemudik melayani dengan sepenuh hati. Hati-hati di jalan," tuturnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha yang dalam hal ini mewakili Plt Dirjen Perhubungan Laut berpesan bahwa mudik adalah tanggungjawab bersama, sehingga untuk mewujudkan mudik dengan aman dan sehat diperlukan peran aktif dari semua pihak, termasuk dari para pemudik untuk meningkatkan kesadaran diri untuk selalu taat protokol kesehatan COVID-19.

"Sesuai dengan slogan mudik lebaran tahun 2022 ini, yaitu 'Mudik Aman, Mudik Sehat', mari kita dukung bersama kegiatan ini disertai harapan semoga mudik tahun ini berjalan lancar, aman dan semua dalam keadaan sehat serta akan meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya, juga mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas," ujar Arif.

Tahun ini program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut melayani rute Jakarta-Semarang-Surabaya untuk dua kali keberangkatan (voyage) arus mudik, yakni tanggal 26 April 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 29 April 2022 dengan KM. Ciremai, serta dua kali voyage arus balik pada 11 Mei 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 9 Mei 2022 dengan KM. Ciremai.

Sebagai informasi, penumpang mudik gratis dapat menikmati fasilitas yang tersedia di atas kapal laut. Untuk di KM. Dobonsolo sendiri memiliki fasilitas yang lengkap seperti sarana ibadah, cafetaria, dan sarana hiburan.

Kemudian juga sarana permainan bagi anak-anak, dan tentu saja dilengkapi dengan alat keselamatan seperti lifeboat sekoci, rakit penolong dan pelampung sesuai kapasitas. Bahkan yang lebih menarik, akan ada Doorpize yang bisa didapatkan oleh pemudik, termasuk fasilitas buka puasa dan sahur gratis di atas kapal.