Perdagangan Online Meningkat, Gudang Pintar dengan Layanan WMS Jadi Solusi
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Seiring dengan pertambahan penduduk yang menggunakan internet, Indonesia saat ini menjadi pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara dengan kontribusi hingga lima puluh persen dari seluruh transaksi yang tercatat. Dengan peningkatan bisnis online maupun penjualan di e-commerce di Indonesia, maka kebutuhan akan gudang pintar pun terus meningkat.

Namun sayangnya, untuk sebuah operasional logistik di era digital sistem pergudangan masih menjadi salah satu masalah dan perlu segera diberikan solusinya. Terutama apabila para pemain logistik maupun korporasi yang menginginkan adanya efisiensi dan peningkatan produktivitas.

Kondisi tersebut, membuat LODI Indonesia sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi untuk memberikan solusi bagi para pelaku bisnis skala enterprise sebuah sistem manajemen pergudangan bernama Leanbox WMS.

Dengan sistem ini, setiap aktivitas baik dalam mengelola penerimaan barang (Inbound), pengelolaan inventory (Inventory Management) serta penanganan barang keluar (Outbound) dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Selain itu, dengan adanya solusi WMS yang terintegrasi dengan e-commerce atau marketplace, dapat membuat proses penanganan pesanan menjadi lebih cepat dan akurat.

CEO LODI Indonesia, Yan Hendry Jauwena, menyampaikan perangkat lunak sistem management pergudangan atau WMS bukanlah merupakan sebuah pilihan tetapi menjadi sebuah keharusan.

"Leanbox WMS yang merupakan karya anak bangsa siap diberikan untuk membantu mengatasi permasalahan logistik di Tanah Air," katanya, di Jakarta, Rabu, 20 April.

Sementara itu, CTO LODI Indonesia, Pandu Pradhana, menilai bahwa sebuah gudang yang pintar akan lebih maksimal pengoperasiannya menggunakan Leanbox.

"Leanbox didesain tidak hanya untuk mendukung kebutuhan bisnis zaman sekarang yang cepat sekali berubah, tapi juga dapat beradaptasi dengan bermacam-macam operational style tanpa berkompromi dengan integritas data dan keamanan," ucapnya.

Kelebihan yang didapatkan jika menggunakan Leanbox untuk para pemilik bisnis yaitu, Leanbox WMS dibuat dengan ekosistem yang terpisah untuk setiap pengguna, sehingga menjamin keamanan dan kerahasiaan bisnis. Platform ini pun menyediakan opsi kustomisasi bagi para pelaku bisnis yang mempunyai kebutuhan spesifik terkait operasional gudang mereka.

Dari sisi sumber daya, tim internal LODI akan siap membantu menyelesaikan kendala teknis dari pengguna. Semua ekosistem WMS ini ditopang oleh tampilan dashboard intuitif yang menyajikan berbagai informasi terkait aktivitas di gudang dan dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Leanbox WMS diperuntukkan bagi para pemilik bisnis dengan volume transaksi sedang hingga tinggi, serta telah memiliki tim operasi internal yang menjalankan gudang.

"Dengan hadirnya platform ini, LODI berharap dapat agar ekosistem penjualan online di Indonesia semakin kuat dan dapat makin memanjakan konsumen di luar sana," katanya.