IHSG Hari Ini Diperkirakan Balik Menguat, 3 Saham Ini Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi berbalik menguat pada perdagangan hari ini Rabu 30 Maret setelah kemarin parkir pada posisi 7.011,68 atau melemah 0,54 persen.

IHSG sempat mencatatkan posisi tertinggi pada level 7.072,77 dan terendah 7.007,91. Tercatat, 228 saham menguat, 289 saham melemah dan 167 saham bergerak ditempat. Investor asing mencatatkan aksi net foreign buy Rp1, triliun di seluruh pasar.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher Jordan dalam laporannya menjelaskan, IHSG kemarin tekoreksi setelah menguat cukup siginifikan di hari sebelumnya. Pergerakan dalam negeri dipengaruhi rilis kinerja dan pembagian dividen.

Dari global, investor mencermati perkembangan dari Rusia-Ukraina. Dennies memprediksi IHSG akan berbalik menguat hari ini.

"IHSG secara teknikal trend pergerakan masih dalam konsolidasi jangka pendek. Pergerakan akan didorong rilis kinerja emiten serta pembagian dividen oleh beberapa emiten," kata Dennies dalam risetnya.

Investor akan mencermati pembicaraan rencana damai antara Rusia-Ukraina meskipun belum menemukan titik terang. Selanjutnya, Dennies memperkirakan IHSG bergerak pada level support 6.965 dan 6.988 serta resistance 7.053 dan 7.095.

Adapun beberapa saham yang menjadi rekomendasi Dennies untuk perdagangan hari ini adalah PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Media Citra Nusantara Tbk (MNCN), dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).