Asiknya Menginap di Novotel Lombok yang Punya ‘Jalur Khusus’ Nonton MotoGP Mandalika Gratis: Tamu Bisa Jalan-Jalan Lihat Sirkuit
Ilustrasi (Foto: Twitter Repsol Honda Team)

Bagikan:

JAKARTA – Perhelatan MotoGP Mandalika tidak bisa dipungkiri menyimpan segudang cerita berkesan bagi siapapun yang menikmati ajang balap motor ini. Mulai dari keindahan pantai nan menawan hingga kekaguman terhadap kearifan penduduk lokal.

Saking masih ‘perawannya’ Sirkuit Mandalika ini, race pun bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat setempat di beberapa titik lokasi. Salah satu spot menarik terletak persis di sebelah Novotel Lombok Resort and Villas. Diketahui bahwa penginapan mewah tersebut memang bersebelahan dengan lokasi arena balapan.

Bahkan, pengunjung yang menginap bisa langsung melihat arena sirkuit dengan menaiki Bukit Seger yang menghadap langsung ke arena sirkuit. Hal ini diamini oleh pihak Novotel sendiri.

“Kalo dari bukit memang kita kebetulan di samping hotel itu tamunya bisa jalan-jalan untuk melihat sirkuitnya,” ujar salah satu staf hotel ketika dihubungi VOI, Minggu, 20 Maret.

Privilege ini tentu merupakan sebuah keistimewaan tersendiri bagi pengelola untuk bisa ditawarkan kepada pengunjung yang menginap guna mendongkrak tingkat okupansi kamar. Meski demikian, pihak Novotel sendiri tidak melakukan promosi khusus untuk bisa memonetisasi hal tersebut.

Ditengarai, persoalan hak cipta dan regulasi hukum lain diperlukan untuk dapat mengkomersilkan kesempatan itu sehingga tidak ada program spesifik dari hotel yang menawarkan “fasilitas nonton MotoGP gratis” ini.

“Tidak ada,” tegas staf Novotel.

Untuk diketahui, informasi soal nonton gratis melalui Bukit Seger pertama kali dibagikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah melalui akun Twitter pribadi @bangzul_ntb.

“Hari ini (Sabtu, 19 Maret) kami mencoba nonton dari Bukit seger indah banget, gratis lagi. Masuk dari samping Novotel. (Silakan menonton) Yang penting tertib," ujarnya dikutip Minggu, 20 Maret.

Asal tahu saja, sebagai orang nomor satu di wilayah perhelatan MotoGP Mandalika, Zulkieflimansyah bukannya tidak bisa membayar karcis untuk dapat menyaksikan dari dekat jalannya balapan. Apalagi dengan kapasitasnya sebagai gubernur.

Namun, Zulkieflimansyah nampaknya mengikuti alur yang telah dibuat panitia dan tidak memaksakan untuk masuk.

"Banyak yang mau nonton besok. Mau bayar berapa saja oke. Tapi tiketnya benar-benar habis,” tutur dia.