Bagikan:

JAKARTA – Ada saja ide segar yang mengalir dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Di akhir pekan pertama Maret 2022, bendahara negara mencoba mengangkat kisah seorang belia yang berhasil meraih kesuksesan lewat profesi yang tidak biasa: menjadi petani.

Umumnya, pekerjaan tersebut menjadi cukup ‘tabu’ bagi kalangan muda karena kebanyakan dari mereka memilih untuk berkecimpung di sektor formal.

Kata Menkeu, sosok inspiratif itu adalah Novi yang sebelumnya menekuni bidang yang sama sekali berbeda.

“Novi adalah seorang penyanyi yang banting setir menjadi petani muda. Novi dengan happy menjalani pilihan hidupnya,” ujar dia melalui akun Instagram pribadi @smindrawati pada Minggu, 6 Maret.

Disebutkan oleh Menkeu jika Novi dan profesi barunya telah menjadi warga negara yang taat terhadap kewajiban. Salah satu bukti adalah keikutsertaan dalam menyokong penerimaan negara.

“Novi juga pembayar pajak yang setia loh. Terima kasih untuk Novi dan para wajib pajak yang telah menunaikan kewajiban membayar pajak sehingga pemerintah dapat memberikan berbagai fasilitas mulai dari subsidi hingga infrastruktur yang dibangun menggunakan rupiah demi rupiah #uangkita hasil kontribusi pajak,” katanya.

Mantan bos IMF dan Bank Dunia itu lalu mencoba mengingatkan para wajib pajak (WP) untuk menunaikan kewajiban yang sama dengan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

“Jangan lupa laporkan pajakmu sebelum 31 Maret ya,” tegas dia.

Dalam unggahan di Instagram, Menkeu membagikan potongan video bagaimana Novi merintis usaha pertanian di Boyolali, Jawa Tengah. Kata Novi, dirinya cukup terbantu dengan berbagai program pemerintah di sektor ini, seperti fasilitas keuangan, subsidi pupuk, hingga sarana infrastruktur lain yang memadai.

Novi sendiri menyadari jika beragam bantuan yang diterimanya tidak lepas diri peran aparatur negara dalam menghimpun penerimaan perpajakan untuk kemudian kembali digunakan oleh masyarakat.