Bagikan:

JAKARTA - Koperasi Syariah 212 telah melewati 5 tahun pertama kepengurusan sejak kelahirannya pada tanggal 2017. Dalam perjalanannya, Koperasi Syariah 212 juga melakukan inovasi dalam bisnis. Salah satunya adalah pengembangan usaha berbasis digital melalui aplikasi Ecoop.

Ketua Bidang Keanggotaan Koperasi Syariah 212 Lukman Hakim mengatakan pada kesempatan rapat anggota tahunan (RAT) tahun ini, Koperasi Syariah 212 secara resmi meluncurkan aplikasi Ecoop, yaitu platform digital bersifat close loop sebagai sarana aktivitas ekonomi serta konsolidasi anggota.

Kata Lukman, para anggota sebagai pengusaha atau merchant bisa meningkatkan omzet penjualannya secara berlipat melalui Ecoop. Karena, basis keanggotaan KS212 yaitu lebih dari 52.000 anggota,

"Dengan semangat KS 212 Go Digital diharapkan mampu meningkatkan manfaat bagi kebutuhan anggota. Karenanya, komitmen kerjasama keluarga besar KS 212 menjadi mutlak untuk program ini. Semua harus hadir, semua harus andil, ini kan koperasi," katanya dalam keterangan resmi, Selasa, 1 Maret.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Koperasi Syariah 212, Muhammad Syafii mengatakan di usia yang menginjak 5 tahun, Koperasi Syariah 212 mendeklarasikan sebagai koperasi yang fit dengan perkembangan zaman, yaitu mereformasi dirinya sebagai Koperasi berbasis digital.

"Semua anggotanya bisa melaksanakan sebagian atau keseluruhan aktivitas ekonominya secara online atau digital, sehingga aktivitas ekonominya bisa jauh lebih efisien," jelasnya.

Syafii juga menekankan program recovery 212mart menjadi program prioritas. Dimana gerai-gerai yang ada harus melakukan konsolidasi keanggotaan untuk memastikan serapan produk, selanjutnya oleh KS212 dikoordinir untuk bisa melakukan join buying dan dilakukan central payment, sementara KS212 menjamin pasokan dengan membangun kemitraan dengan FS.

"Untuk bisnis yang selama ini dikelola KS212 yaitu AMDK (air minum dalam kemasan), akan terus ditingkatkan penjualannya untuk target 1 juta kemasan di tahun 2022," katanya.

Menurut Syafii, kunci keberhasilan bisnis AMDK adalah dari solidnya keanggotaan di tingkat komunitas atau hilir yang harus kompak berlangganan galon air AMDK 212. Peran komunitas harus menjadi agen untuk menyerap pasokan yang sudah solid di sisi hulu karena didukung empat pabrik. Sehingga harga sangat kompetitif dan kualitas AMDK yang sangat handal.

Sekadar informasi, Koperasi Syariah 212 (KS212) menyelenggarakan (RAT) yang ke-5 pada hari Ahad, 27 Februari 2022. Penyelenggaraan RAT tahun ini menjadi momentum penting dalam perjalanan KS212, karena telah melewati lima tahun pertama kepengurusan sejak didirikan.

Koperasi Syariah 212 sendiri lahir sebagai buah dari kesepakatan umat Islam dalam spirit 212. Umat Islam yang menjadi mayoritas di negara Republik Indonesia ini dinilai belum merasakan keadilan ekonomi di negeri yang memiliki grand norm Pancasila dan UUD 1945.

RAT Koperasi Syariah 212 juga telah menetapkan susunan Pengurus dan Pengawas baru, dengan komposisi sebagai berikut:

Dewan Pengurus KS212 periode 2022-2025:

1. Muhammad Syafii sebagai Ketua Umum

2. Firmanullah Firdaus sebagai Ketua I Bidang Bisnis

3. Riduan Yaqub sebagai Ketua II Bidang Bisnis

4. Joko Purnomo sebagai Ketua III Bidang Bisnis

5. Lukman Hakim sebagai Ketua IV Bidang Keanggotaan

6. Fauzan sebagai Ketua V Bidang Keanggotaan

7. Rik Zantara sebagai Sekretaris Umum

8. Dian Iskandar sebagai Sekretaris I Bidang Bisnis

9  Wahyudin sebagai Sekretaris II Bidang Keanggotaan

10. Lukman Mohammad Baga sebagai Bendahara Umum

11. Didik Sutrisno sebagai Wakil Bendahara Umum

Dewan Pengawas KS212 periode 2022-2025:

1. Yusuf Muhammad Martak sebagai Ketua

2. Taufan Maulamin sebagai Wakil Ketua

3. Agung Supriyanto sebagai Sekretaris

4. Abdul Majid sebagai Anggota

5. A. Yuliandi Bachtiar sebagai Anggota

6. Muhammad Rofiq sebagai Anggota

7. Imron Halimy sebagai Anggota.