Saat Ramadhan Mendag Luthfi Jamin Stok Minyak Goreng Aman dan Terkendali
Muhammad Luthfi saat kunjungan kerja dan pengecekan ketersediaan minyak goreng di pasar terpadu Al Mahirah Lamdingin. (foto; dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA – Kelangkaan dan tingginya harga minyak goreng dipastikan aman saat Bulan Ramadhan nanti. Kepastian ini muncul dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI. Mereka memastikan bahwa stok minyak goreng aman saat masyarakat Indonesia menyambut Ramadhan pada awal April 2022.

"Ramadhan, Insya Allah stok minyak goreng aman dan harga akan normal," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Luthfi, di Banda Aceh, Sabtu, 26 Februari, seperti dikutip oleh Antara.

Hal itu disampaikan Muhammad Luthfi di sela-sela kunjungan kerja dan pengecekan ketersediaan serta harga minyak goreng di pasar terpadu Al Mahirah Lamdingin, Kota Banda Aceh.

Selain minyak goreng, menurut Luthfi, Kemendag juga memastikan bahwa untuk barang sembako seperti gula tidak akan terjadi fluktuasi, termasuk persoalan kedelai.

"Saya pastikan gula tidak akan terjadi fluktuasi, dan yang sedang kita pikirkan hari ini adalah masalah kedelai yang barang domestiknya tidak cukup, kedelai besar diimpor lebih dari 85 persen," ujarnya.

Tak hanya itu, ungkap Luthfi, Kemendag juga terus melakukan mitigasi terhadap daging sapi. Hal itu dilakukan karena Australia sudah mengumumkan bahwa tahun ini mereka membatasi ekspor sapi.

"Jadi kita hati-hati sekali karena Australia baru mengumumkan tahun ini mereka hanya menjual 40 persen dari ekspor normal mereka," katanya.

Luthfi juga mengajak pemerintah daerah untuk secara bersama-sama melakukan mitigasi harga daging tersebut mengingat harga internasional yang juga mengalami kenaikan.