Apa Itu Kredit Tanpa Agunan? Ini Definisi dan Penjelasannya
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kredit tanpa agunan adalah pinjaman yang disetujui tanpa perlu agunan. Pemberi pinjaman tidak memiliki hak untuk mengambil aset fisik (seperti rumah atau kendaraan) jika peminjam berhenti melakukan pembayaran kredit tanpa agunan.

Pinjaman kredit tanpa agunan ini juga dikenal sebagai"pinjaman tanda tangan" karena tanda tangan Anda pada perjanjian pinjaman adalah semua yang Anda bawa ke meja. Anda berjanji untuk membayar kembali, tetapi Anda tidak memberikan jaminan apapun.

Jenis-jenis Kredit Tanpa Agunan

Utang tanpa jaminan datang dalam beberapa bentuk. Kartu kredit adalah bentuk umum pinjaman tanpa agunan. Meskipun Anda mungkin tidak menganggapnya sebagai "pinjaman," Anda meminjam uang ketika Anda menghabiskan dengan kartu kredit.

Pinjaman pelajar seringkali tidak aman. Meskipun beberapa orang mengambil uang tunai dari rumah mereka untuk membayar sekolah, pinjaman siswa murni melalui Departemen Pendidikan biasanya tidak aman.

Pinjaman “pribadi”, tersedia dari bank, serikat kredit, dan pemberi pinjaman online adalah Kredit Tanpa Agunan yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apapun yang Anda inginkan .

Membandingkan dan kontras

Untuk memperkuat konsep tersebut, mungkin akan bermanfaat untuk melihat pinjaman yang bukan merupakan Kredit Tanpa Agunan.

Pinjaman otomatis biasanya pinjaman terjamin. Ketika Anda meminjam untuk membeli mobil (atau meminjam dengan judul mobil Anda), kreditur berhak untuk mengambil mobil Anda jika Anda berhenti melakukan pembayaran.

Pinjaman rumah juga dijamin. Apakah Anda meminjam untuk pembelian rumah Anda atau Anda mendapatkan hipotek kedua, Anda berisiko diusir dari rumah Anda melalui penyitaan jika Anda gagal membayar kembali pinjaman.

Apa yang Diketahui Tentang Kredit Tanpa Agunan?

Pinjaman bisnis dapat diamankan atau tidak aman. Jika pemberi pinjaman Anda mengharuskan Anda membuat jaminan pribadi, Anda mungkin harus menjaminkan rumah Anda atau aset lain sebagai jaminan.

Bahkan dengan pinjaman yang dijamin, kredit Anda mungkin rusak jika Anda berhenti melakukan pembayaran. Fakta bahwa pemberi pinjaman mengambil jaminan Anda tidak mengubah itu.

Bahkan, terkadang pemberi pinjaman menjual jaminan, tetapi hasil penjualan tidak cukup untuk melunasi saldo pinjaman dAna. Ketika itu terjadi, Anda kehilangan aset, merusak kredit Anda, dan masih berhutang uang pada kesepakatan karena penilaian kekurangan.

Terlebih lagi, pemberi pinjaman dapat mengenakan biaya penalti, yang meningkatkan jumlah utang Anda. Akhirnya, pemberi pinjaman dapat mengambil tindakan hukum, dan mereka mungkin dapat mengambil uang tunai dari rekening bank Anda atau memperindah upah Anda.

Persetujuan untuk Kredit Tanpa Agunan

Untuk mendapatkan kredit tanpa agunan, Anda tidak perlu menjaminkan apa pun sebagai jaminan. Sebagai gantinya, pemberi pinjaman akan mengevaluasi aplikasi pinjaman Anda berdasarkan pada kemampuan Anda untuk membayar kembali. Pemberi pinjaman melihat beberapa faktor untuk memutus kapankah Anda akan membayar atau tidak.

Pemberi pinjaman memeriksa riwayat pinjaman Anda untuk melihat apakah Anda telah berhasil melunasi pinjaman di masa lalu. Berdasarkan informasi dalam laporan kredit Anda, komputer menciptakan skor kredit, yang merupakan jalan pintas untuk mengevaluasi kelayakan kredit Anda.

Untuk mendapatkan Kredit tanpa agunan, Anda membutuhkan kredit yang bagus. Jika Anda telah melakukan sangat sedikit pinjaman di masa lalu (atau Anda memiliki kredit buruk karena Anda telah jatuh pada masa-masa sulit di masa lalu Anda), dimungkinkan untuk membangun kembali kredit Anda seiring waktu.

Pemberi pinjaman ingin memastikan bahwa Anda memiliki cukup pendapatan untuk membayar kembali pinjaman baru. Ketika Anda mengajukan pinjaman (apakah aman atau tidak aman), pemberi pinjaman akan meminta bukti penghasilan. Rintisan pembayaran Anda, laporan pajak, dan laporan bank kemungkinan besar akan memberikan bukti pendapatan yang cukup.

Kemudian, pemberi pinjaman akan mengevaluasi seberapa besar beban pembayaran pinjaman baru Anda dibandingkan dengan penghasilan bulanan Anda. Mereka biasanya melakukan ini dengan menghitung rasio utang terhadap pendapatan. Jika Anda tidak dapat memenuhi syarat untuk kredit tanpa agunan berdasarkan kredit dan penghasilan Anda, Anda mungkin masih memiliki opsi.

Jika Anda kesulitan untuk mengajukan KTA, CekAja bisamenjadi solusi untuk memudahkan Anda untuk mengajukan pinjaman.