Bank Mandiri Kesengsem Bisnis Telkomsel yang Maju Saat Pandemi: Kami Dukung Permodalan <i>Supplier</i>-nya
Pejabat Bank Mandiri dan Telkomsel berpose setelah menandatangani perjanjian kerja sama (Foto: Dok. Bank Mandiri)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk disebutkan telah mencapai kesepakatan dengan PT Telkomsel terkait dengan peningkatan kapasitas bisnis bagi kedua instansi. Kolaborasi itu ditandai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) penguatan akses permodalan dan kemudahan transaksi Bank Mandiri bagi mitra supplier Telkomsel.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah K. Indriati mengatakan inisiatif penyiapan akses modal ini dapat membantu supplier meningkatkan kapasitas produksi serta diharapkan bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

“Akses permodalan ini akan menggunakan skema Accepted Invoice Financing (AIF) dengan plafon yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing supplier. Pembiayaan sendiri akan diberikan kepada supplier yang telah mengantongi kontrak dari Telkomsel,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis, 13 Januari.

Menurut Indah, Telkomsel memiliki kinerja yang cukup moncer pada sepanjang tahun lalu. Saat sebagian besar perusahaan bisnis mengalami tekanan, Telkomsel menjadi sedikit dari entitas usaha yang mampu keluar dari pressure dan bahkan mencatatkan pertumbuhan.

“Kami sangat antusias dengan sinergi antar BUMN ini karena sangat strategis untuk mendukung pencapaian program pemulihan UMKM Indonesia, terutama di sektor digital. Apalagi, kami melihat bahwa Telkomsel terbukti di masa pandemi ini terus berkinerja baik melalui business optimization dan peningkatan digitalisasi Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut, Indah mengungkapkan perseroan memiliki visi untuk menjadi mitra finansial utama pilihan dunia usaha lewat komitmen pengembangan bisnis ekosistem nasabah segmen corporate banking.

“Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan peran Bank Mandiri dalam meningkatkan pemanfaatan transaksi perbankan melalui benefit akses permodalan via supplier financing,” tegas dia.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkomsel Mohamad Ramzy menyatakan bahwa PKS ini merupakan sinergi dua perusahaan BUMN untuk saling menguatkan ekosistem bisnis.

“Kami menyambut baik inisiatif pemberdayaan ekosistem serta fasilitas permodalan yang diberikan oleh Bank Mandiri,” ucap dia.

Adapun, Perjanjian Kerja Sama ditandatangani oleh Senior Vice President SME Banking Bank Mandiri Alexander Dippo dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkomsel Mohamad Ramzy serta disaksikan oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah K. Indriati.