Buka-bukaan Konglomerat Chairul Tanjung, Ada Bank Digital Terbesar di Dunia di Belakang Allo Bank, WeBank yang Didukung Tencent?
Konglomerat Chairul Tanjung. (Didi Kurniawan/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Orang terkaya nomor 6 di Indonesia, sekaligus CEO PT CT Corpora, Chairul Tanjung, mengungkapkan ada sosok bank digital terbesar di dunia yang terlibat dalam pengembangan aplikasi mobile dari Allo Bank.

Pria yang akrab disapa CT ini mengatakan faktor terpenting dalam pengembangan bank digital adalah platform dan teknologi. Aplikasi Allo Bank yang bakal diluncurkan pada Maret 2022, menurut CT, dikembangkan oleh orang-orang terbaik di CT Corp dan melibatkan dari bank digital terbesar di dunia saat ini.

"Semua the best people in CT Corp itu bekerja sama dengan bank digital terbesar di dunia yang telah berkiprah selama 8 tahun dan memiliki lebih dari 200 juta customer. Jadi, sudah teruji," ujar Chairul Tanjung dalam konferensi pers pada Selasa 11 Januari.

Namun demikian CT belum bisa menyebut bank digital yang ia maksud. Akan tetapi jika menyebut bank digital terbesar di dunia, hanya ada satu nama yang mencuat, yakni WeBank.

WeBank merupakan bank digital pertama di China yang resmi meluncur ketika menerima lisensi perbankannya pada Desember 2014. Berbasis di Shenzen, WeBank didukung perusahaan terkemuka, yaitu Tencent.

Tencent merupakan perusahaan internet dan teknologi besar di China. Tencent tercatat memiliki beragam produk, di antaranya WeChat yang mengisi sektor komunikasi dan sosial. Tencent juga memiliki layanan teknologi finansial atau fintech berupa WeChat Pay, QQ Wallet, dan lainnya.

WeBank saat ini mengemban status sebagai bank digital terbesar di dunia dengan lebih dari 200 juta pelanggan. Bank ini juga memimpin dari segala aspek, mulai dari aset, pinjaman, laba bersih, hingga ekuitas.

Dengan keterlibatan bank digital terbesar di dunia dalam pengembangan aplikasi Allo Bank, CT meyakini bahwa kehadiran platform dari emiten bank berdandi BBHI ini mampu menjawab kebutuhan konsumen ke depan.

"Oleh karenanya, kami yakin platform kami mampu untuk menjawab tantangan daripada jumlah nasabah, jenis transaksi, maupun hal-hal yang terkait tekonologi itu sendiri," pungkas ayah dari Putri Tanjung ini.