Konglomerat India Mukesh Ambani Caplok 73,37 Persen Saham Mandarin Oriental New York, Gelontorkan Rp1.400 Triliun?
Konglomerat Mukesh Ambani. (Foto: Dok. Forbes)

Bagikan:

JAKARTA - Orang terkaya di India, konglomerat Mukesh Ambani mengakuisisi 73,37 persen saham Mandarin Oriental New York. Akuisisi ini dilakukan secara tidak langsung dengan nilai fantastis, 98,15 miliar dolar AS atau sekitar Rp1.400 triliun.

Dikutip dari Bloomberg, Minggu 9 Januari, aksi Mukesh Ambani ini disampaikan melalui pengajuan Reliance Industries. Pembelian saham akan dilakukan oleh unitnya, Reliance Industrial Investments and Holdings.

Unit yang dimiliki sepenuhnya oleh Reliance Industries ini akan membeli seluruh modal saham yang dikeluarkan Columbus Center Corp, sebuah perusahaan yang didirikan di Kepulauan Cayman, yang secara tidak langsung memiliki saham di hotel mewah tersebut.

Perusahaan juga mengatakan akan mencaplok sisa 26,63 persen dari pemilik lain dengan valuasi harga saham yang sama. Transaksi diharapkan selesai pada akhir Maret.

Mukesh Ambani adalah orang terkaya ke-11 di dunia versi Bloomberg Billionaires Index dengan total harta bersih 92,9 miliar dolar AS. Jaringan bisnis lain konglomerat yang berbasis di Mumbai ini mencakup jaringan nirkabel 4G di seluruh India dan properti pribadi senilai 400 juta dolar AS.

Sementara itu, Mandarin Oriental New York merupakan salah satu dari 35 hotel yang dioperasikan oleh Mandarin Oriental Hotel Group di 24 negara.