Perbesar Portofolio Nikel, Harum Energy Milik Konglomerat Kiki Barki Rogoh Kocek Rp392,39 Miliar Tambah Kepemilikan Saham di PT Infei Metal Industry
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - PT Harum Energy Tbk semakin serius memperbesar portofolio di bisnis pertambangan dan industri pengolahan nikel. Hal itu pun berpotensi mempertebal kocek perseroan dan sang pemilik, konglomerat Kiki Barki.

Emiten berkode saham HRUM tersebut baru saja menggelontorkan dana 27,44 juta dolar AS atau sekitar Rp392,39 miliar untuk menambah kepemilikan saham di PT Infei Metal Industry (IMI). Langkah itu dilakukan HRUM melalui anak usahanya PT Tanito Harum Nickel (THN) sekaligus mempertegas langkah diversifikasi perseroan ke bisnis nikel.

Setelah transaksi pencaplokan 252.838 saham baru atau 9,8 persen dari jumlah saham yang dikeluarkan oleh IMI, Direk­tur Utama Harum Energy Ray A. Gunara mengatakan kepemilikan THN di perusahaan pemurnian nikel (smelter) itu meningkat menjadi 49 persen.

Tujuan dari transaksi yang dilaku­kan oleh perseroan adalah untuk meningkatkan kepemilikan perseroan pada kegiatan usaha pengelolaan dan permurnian nikel." tulis Ray dalam keterbukaan informasi, dikutip Minggu 26 Desember.

Sebelumnya, HRUM menggelontorkan 69 juta dolar AS untuk mengakuisisi PT Infei Metal Industry (IMI) pada awal tahun. HRUM melalui THN telah mengakumulasi kepemilikan saham di IMI pada akhir Juli 2021 dengan merogoh kocek 41,16 juta dolar AS atau sekitar Rp595,25 miliar.

Ray memproyeksikan smelter nikel milik IMI akan berkontribusi penuh terhadap keuangan perseroan pada 2023 dan diharapkan dengan prospek harga nikel dunia yang naik sehingga dapat mendorong lini bisnis nikel sebanding dengan kontribusi bisnis batu bara saat itu.

Sebagai informasi, pundi-pundi kekayaan Kiki Barki yang merupakan pemegang saham HRUM melalui PT Karunia Bara Perkasa dan PT Bara Sejahtera Abadi kini semakin menjulang. Menurut data Forbes per Desember 2021 ini, Kiki Barki yang sudah berusia 82 tahun itu kembali masuk ke dalam jajaran 50 Orang Terkaya di Indonesia pada 2021.

Kiki Barki diestimasi memiliki kekayaan 1,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp22 triliun dan menempati posisi ke-27 orang paling tajir di Indonesia versi majalah Forbes.

Terkait