Peringati Hari Menanam Nasional, Erick Thohir Tanam Pohon di Halaman Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) ketika melakukan seremoni penananaman pohon di Jakarta (Foto: Tangkap layar Instagram @kementerianbumn)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berpartisipasi dalam peringatan Hari Menanam Pohon Nasional dengan melakukan penanaman pohon pucuk merah dan tabebuya secara simbolis di halaman Gedung Kementerian BUMN.

“Seremonial program menanam pohon ini dilaksanakan secara serentak di tujuh titik di Indonesia dengan melibatkan BUMN, pemerintah daerah, dan para mahasiswa pencinta alam (Mapala),” ujarnya seperti yang dilansir Instagram @kementerianbumn pada Minggu, 28 November.

Menurut Erick, terdapat tujuh lokasi penanaman serentak, yaitu DKI Jakarta (Gedung Kementerian BUMN), Sumatera Utara (Danau Toba), Lampung (Wai Sekampung), Riau (Pekanbaru), Banten (Rangkasbitung), Jawa Timur (Malang), Sulawesi Selatan (Makassar) dengan total sebanyak 3.970 pohon yang ditanam.

Adapun, beberapa BUMN yang terlibat, diantaranya PT Inalum (Persero)/MIND ID, PT Pelindo (Persero), PT Perkebunan Nusantara V, PT Perkebunan Nusantara VIII, PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), Perum Perhutani, dan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Asuransi Kredit Indonesia, PT Taspen (Persero) dan Perum LPPNPI (Airnav).

“Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJLS) ini untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas, terintegrasi, terarah, dan terukur dampaknya,” tutur dia.

Kegiatan penanaman juga dilakukan oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Tedi Bharata, dan Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Agus Suharyono.

Selain itu, turut dilakukan Launching Bulan Menanam Pohon Nasional dan Donasi Pohon. Untuk diketahui, Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia telah menetapkan Bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

“Saya mengajak seluruh pegawai Kementerian BUMN dan karyawan BUMN melakukan donasi untuk penanaman pohon tersebut,” tutup Erick Thohir.