Peringati Hari Menanam Pohon, Puluhan Anak di Pesanggrahan Jaksel Lakukan Penghijauan
Aksi anak-anak menanam pohon/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah kalangan anak melakukan aksi peduli lingkungan dengan menanam benih pohon buah-buahan memperingati Hari Menanam Pohon Nasional di kawasan Pesanggrahan, Jakarta, Senin, 28 November.

Kegiatan menanam puluhan pohon jambu, pohon salam dan pohon sirsak untuk memberikan edukasi kepada anak-anak akan pentingnya menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.

"Edukasi sejak dini ini sangat penting kita ajarkan kepada mereka tentang bagaimana cara bercocok tanam walaupun di lahan sempit atau pun menanam pohon untuk mencegah banjir," kata Hadi Susianto, penyelenggara kegiatan, dalam keterangan tertulis, Senin, 28 November.

Menurut Hadi, kegiatan bercocok tanam ini dapat memberikan edukasi tentang pentingnya penghijauan di tengah gempuran trend digitalisasi dan penggunaan gadget di kalangan anak.

"Aktivitas ini diyakini mampu menjadi sarana efektif dalam memberikan pengajaran dan pembelajaran yang akan berimbas pada pembentukan karakter anak," ujarnya.

Selain menanam pohon, sejumlah anak-anak juga mendengarkan dongeng bertema persahabatan pohon dengan boneka celo. Dongeng tersebut berisi cerita tentang rasa cinta kepada lingkungan hidup.