Kekayaan Arteria Dahlan Mencapai Rp13,3 Miliar, Politikus PDIP yang Ibunya Viral karena Ditegur Wanita 'Keluarga Jenderal TNI'
Politikus dari PDIP, Arteria Dahlan. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sosok politikus PDIP, Arteria Dahlan tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, dirinya tengah berseteru dengan seorang wanita di Bandara Soekarno-Hatta yang mengaku sebagai keluarga Jenderal TNI.

Kejadian bermula saat Arteria bersama ibundanya beserta rombongan, naik di kelas ekonomi penerbangan. Arteria menjelaskan kronologi kejadian dirinya dan ibunda terlibat ribut-ribut dengan wanita tersebut berawal dari soal protokoler di bandara.

"Pas landing di bandara, staf saya itu nurunin barang," kata Arteria, Senin, 22 November.

Arteria mengaku duduk di kursi ekonomi dalam penerbangan tersebut, tepat di belakang kursi kelas bisnis. Arteria menyebut rombongannya kemudian dianggap menghalangi jalan.

"Kita kan sama-sama di ekonomi, pas di belakang bisnis. Entah kenapa kami dianggap menghambat jalan, (tapi) pintunya belum dibuka," kata Arteria.

Belakangan diketahui, wanita pemaki Ibunda Arteria adalah istri dari mantan Dandim Jakarta Pusat, Mochamad Zamroni.

Ini adalah kesekian kalinya Arteria Dahlan membuat kontroversi. Di sisi lain, sebagai politikus dan juga anggota DPR, dirinya tentu pernah melaporkan harta kekayaan.

Arteria Dahlan memiliki kekayaan sekitar Rp13,3 miliar. Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) tahun 2019, harta kekayaan Arteria Dahlan yang masuk kategori harga bergerak antara lain:

- 5 unit mobil yaitu Nissan X-trail, Mercedes Benz, Honda CR-V, Nissan Serena, dan Honda Accord itu mencapai nilai Rp1 miliar.

- 3 unit motor yaitu 2 merek Honda dan 1 merek Yamaha, ketiganya diproduksi tahun 2006, 2007, dan 2011 dengan nilai total mencapai Rp12,5 juta.

- Harta bergerak lain yang tidak termasuk golongan motor atau mobil, nilainya mencapai Rp685 juta.

Adapun harta tak bergerak Arteria Dahlan mencakup 2 properti tanah disertai bangunan dengan nilai total sebesar Rp18,5 miliar.

Harta kekayaan Arteria Dahlan juga ada yang digolongkan ke dalam harta setara kas. Harta setara kas Arteria Dahlan mencapai Rp2,1 miliar. Selain itu dalam laporan tersebut disebutkan bahwa, utang Arteria Dahlan sebesar Rp8,8 miliar.

Total nilai harta kekayaan Arteria Dahlan dapat diketahui dengan mengurangi total keseluruhan nilai aset dengan nilai utang. Total nilai keseluruhan aset berjumlah Rp22,3 miliar dikurangi utang Rp8,8 miliar, maka total harta kekayaan Arteria Dahlan adalah Rp13,5 miliar.