Penawar Bosan kala Dilarang Mudik Lebaran
Ilustrasi (Sumber: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah mengumumkan kepada warga supaya menunda perjalanan mudik. Tujuannya mencegah penularan virus corona.

Menunda perjalanan mudik menjadi langkah tepat untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Berkaca pada pengalaman sebelumnya, selalu ada kenaikan tajam kasus terinfeksi setelah libur besar berakhir.

Memang, rasanya berat menahan rindu dengan keluarga di kampung halaman. Bahkan beberapa orang tetap nekad melaksanakan mudik dengan menempuh pelbagai cara.

Larangan mudik membuat perayaan Lebaran berlangsung di rumah. Walau tanpa mudik, suasana Lebaran tetap dapat dijalankan dengan keseruan. Berikut ini beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat larangan mudik berlangsung. 

Lebaran virtual

Sekarang adalah tahun kedua Lebaran dilewati dalam masa pandemi Covid-19. Pengalaman yang ada, kamu bisa merayakan Lebaran bersama keluarga dan kerabat dengan menggelar pertemuan virtual.

Teknologi membantu kita tetap terhubung dengan sanak saudara di kampung halaman. Supaya pertemuan tidak membosankan, kamu bisa membuat acara kreatif, semisalnya mengadakan kuis. Bagi siapa yang bisa menjawab, akan ada hadiah yang menanti.

Mencoba hal-hal baru

Larangan mudik Lebaran membuat kamu tinggal di rumah dengan waktu libur panjang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mencoba hobi baru seperti memasak resep dan bercocok tanam.

Kamu juga bisa menambah soft skill dengan menerbitkan tulisan ucapan selamat Lebaran dengan kreasi dan seni menggunakan aplikasi. Hasilnya akan memuaskan dan kamu kirimkan kepada sanak saudara dan kerabat.

Membuat vlog

Dunia digital menghasilkan banyak konten kreator. Namun, karena urusan pekerjaan, kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berpartisipasi mengisi ruang digital. Selama ini, kamu cukup sebagai penikmat konten.

Dengan adanya larangan mudik, ini menjadi kesempatan untuk mengisi waktu dengan membuat konten kreatif.

Kamu bisa menampilkan karya tulis untuk ditayangkan di blog populer seperti Kompasiana atau membuat vlog tentang keseharian selama Lebaran di rumah.

Selain menjadi kenang-kenangan untuk dilihat di waktu mendatang, vlog keseharian orang di rumah adalah konten yang cukup diminati banyak penonton. Mungkin ini bisa membantu kamu untuk menemukan batu loncatan.

Self reward

Larangan mudik setidaknya mengurangi waktu habis di perjalanan. Ini adalah waktu untuk kamu menghargai diri sendiri. Perjalanan panjang dan macet seharian tidak ada lagi.

Kamu bisa memanfaatkan momen larangan mudik untuk menggantikan dengan self reward atau penghargaan terhadap diri sendiri. Self reward adalah kegiatan positif untuk menjaga kesehatan mental melepas stress dan penat dari pekerjaan dan tekanan akibat pandemi Covid-19.

Belilah barang yang kamu inginkan. Hal ini akan mendorong motivasi kamu menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Itulah 4 kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama larangan mudik. Memang, Lebaran tanpa mudik adalah sesuatu yang tidak biasa dan kurang menyenangkan. Larangan mudik dibutuhkan untuk kebaikan bersama supaya pandemi Covid-19 di Indonesia segera terkendali dan berakhir.

 

BERNAS Lainnya