Syarat Bisa Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Seperti Maudy Ayunda, Jerome Polin dan Lainnya
Tangkap layar Forbes (Sumber: Forbes.com)

Bagikan:

JAKARTA - Nama pemuda Tanah Air masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021. Antara lain Penyanyi, Maudy Ayunda, YouTuber, Jerome Polin Sijabat, sampai Atlet, Lalu Muhammad Zohri. Pertanyaannya bagaimana mereka bisa terpilih masuk daftar penghargaan bergengsi tersebut?

Forbes menilai, anak muda yang masuk daftar tersebut berhasil mengembangkan bisnis mereka dan beradaptasi dengan perubahan yang diakibatkan oleh pandemi. Bahkan, beberapa dari mereka memulai usaha di tengah krisis akibat pandemi Covid-19. Namun bukan cuma pengusaha saja yang masuk daftar itu melainkan para pemimpin yang membawa dampak besar terhadap lingkungan dan para inovator. 

Tahun ini, ada 11 kategori dari daftar anak muda yang masuk penghargaan tersebut. Antara lain The Arts, Entertainmet and Sports, Finance and Capital Venture, Media, Marketing and Advertising, Retail and E-Commerce, Enterprise Technology, Industry, Manufacturing and Energy, Healthcare and Science, Social Impact, serta Consumer Technology.  

Syarat masuk Under 30

Sudah 11 tahun Forbes mencari pemimpin, kreator, dan pemikir muda terbaik dan paling berani untuk bergabung dengan komunitas Under 30. Beragam profesi mulai dari founder, pemberi dana, filantropis, pegiat makanan, pembuat film, fesyenista semua ada dalam nominasi tersebut. 

"Setiap tahun kami menyaring puluhan ribu nominasi. Daftar itu kemudian dikurasi kembali oleh lebih dari 50 reporter," ditulis Forbes

Setidaknya ada tiga cara bagaimana seseorang bisa masuk nominasi Forbes 30 Under 30. Pertama dengan mendaftar sendiri. Kedua, direkomendasikan oleh alumni yang pernah masuk daftar Forbes 30 Under 30, dan ketiga Forbes menemukan nominasi sendiri.

Setelah terdaftar sebagai nominasi, data akan diproses reporter Forbes. Mereka akan mereview aplikasi mereka yang mendaftar sendiri maupun orang yang direkomendasikan oleh alumni komunitas Under 30. 

Kalau para reporter menyukai nominasinya, maka mereka akan menghubungi orang tersebut. Setelah itu, daftar kembali diseleksi dan diberikan kepada juri yang disebut A-list.

Penilaian

Tahun ini, jumlah nominator ada lebih dari 2.500 orang. Mereka lantas dievaluasi oleh reporter dan editor Forbes dengan pendekatan holistik. 

Seperti dilansir laman Forbes ada beberapa metrik yang dinilai, mulai dari jumlah pendanaan, pendapatan, jumlah kemitraan, dan impak yang kuat. Namun dari metrik tersebut tak ada yang diunggulkan. Semuanya dinilai secara holistik.

"Lakukan yang terbaik untuk mengoptimalkan semua atribut. Yang paling mengesankan yang mengedepankan kandidat terbaik," tertulis.

Dari 2.500 peserta, akan menjadi 300 orang. Pertimbangan kriterianya seperti demonstrasi kepemimpinan, impak, potensi kesuksesan dan perwujudan jiwa kewirausahaan yang identik dengan Forbes. Faktor lain seperti inovasi, disrupsi, dan pertumbuhan perusahaan berperan dalam membuat keputusan akhir. 

Kemudian pada tahap terakhir juri A-list yang menentukan. Seperti diketahui juri untuk tahun ini di antaranya CEO Rakuten Mickey Mikitani, CEO HCL Corporation, Roshni Nadar Malhotra, CEO Sinovation Ventures, Kaifu Lee, dan masih banyak lagi.

Nama dari Indonesia

Dari rangkaian seleksi yang ketat itu, banyak nama anak Indonesia yang masuk. Mereka bahkan mengisi sembilan dari sebelas kategori Forbes 30 Under 30. Antara lain: 

Big Money Startup

-Chinmay Chauhan (29), Cofounder Bukawarung

Media, Marketing & Advertising

-Jehian Panangian Sijabat (24) dan Jerome Polin Sijabat (22), Cofounders, Q&A Group

Entertainment and Sport

-Maudy Ayunda (28), artis

-Lalu Muhammad Zohri (20), atlet

Social Impact

-Nashin Mahtani (29) Director Yayasan Peta Bencana (Disaster Map Foundation) 

-Ifandi Khainur Rahim (23), Founder Satu Persen -Anbita Nadine Siregar (26) dan Tania Soerianto (29), CoFounders Yayasan Generasi Maju Berkarya (Generation Girl)

Finance and Venture Capital 

-Rafi Putra Arriyan (26), Ginanjar Ibnu Solikhin (25), dan Luqman Sungkar (28), Founder Flip 

-Chinmay Chauhan (29), Cofounder BukuWarung -Hermanto Widjaja (28) dan Henry Wirawan (23), Cofounders Topremit 

-Bernadus Setya Ananda Wijaya (29), CEO Sucor Sekuritas 

The Arts 

-Charina Prinandita (29), Cofounder Eatlah -Kathleen Gondoutomo (28), CEO H! Cups 

-Liana Gonta Widjaja (28), Cofounder Greenly Enterprise Technology 

-Theodorus Ivan Budiyanto (26), Surya Sanjaya Halim (26), dan Raymond Christopher Sitorus (29), Cofounders Delman

Retail and e-Commerce 

-Jennifer Heryanto (29), pendiri SKK Jewels -William Sunito (28), pendiri Tokowahab 

-Jessica Lin (29), pendiri Deca Group 

-Stefani Tan (28), pendiri Jolie Clothing 

Industry, Manufacturing and Energy 

-Kevin Susanto (27), Chief Green OfficerEnvigo!

-Rendria Labde (29), Founder Magalarva Joseph

-Alexander Ananto (26) dan Martin Reyhan Suryohusodo (23), pendiri Otoklix

BERNAS Lainnya