Tanpa Kontroversi, 7 Tahun Sudah Jimmy Fallon Hidupkan <i>The Tonight Show</i>
Jimmy Fallon (Instagram @jimmyfallon)

Bagikan:

JAKARTA - Tujuh belas Februari 2014 jadi tanggal yang penuh kenangan bagi pembawa acara Jimmy Fallon. Dia memulai karier sebagai pembawa acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon di NBC, menggantikan Jay Leno yang sebelumnya memandu acara The Tonight Show selama 22 tahun.

Menjadi presenter baru untuk sebuah acara yang sangat ikonik membuat Fallon harus menampilkan hal baru agar penonton masih mau menyaksikan The Tonight Show.

Jimmy Fallon tidak sepenuhnya baru di dunia komedi. Setelah keluar dari kampus di tahun 1995, dia merekrut seorang manajer dan menjadi komedian di umur 21 tahun. Ia juga membintangi sejumlah film besar setelah bergabung dengan rombongan komedi Groundlings.

Pria kelahiran 19 September ini menjajaki dunia televisi dengan menjadi anggota Saturday Night Live, mimpi terbesarnya saat memulai karier sebagai komedian. Ya, SNL adalah acara komedi klasik yang sudah tayang lebih dari 40 tahun.

Berkat kemampuan meniru sejumlah artis, Jimmy Fallon berhasil membuat tertawa penonton dan tim SNL. Banyak orang yang mengatakan kepadanya kalau kreator SNL, Lorne Michaels tidak pernah tertawa ketika melihat peserta audisi - tetapi Fallon mengubah Michaels secara drastis.

Setelah komedi, Jimmy Fallon sempat keluar dari SNL dan mengembangkan karier aktingnya. Dia harus membagi waktu syuting di Los Angeles dan syuting SNL di New York City. Alhasil dia keluar dari produksi SNL pada 2004.

Pada tahun 2004, Fallon menjadi pemeran utama dalam film Taxi sebagai Andrew Washburn. Dengan kepopuleran yang ia pegang, nyatanya tidak berdampak besar bagi penjualan Taxi. Film ini mendapat rating buruk dan kritik negatif. Satu tahun kemudian, dia memerankan Ben Wrightman dalam film komedi romantis Fever Pitch bersama Drew Barrymore. Lagi-lagi, Fallon menerima kritik buruk di peran utama keduanya.

Era The Tonight Show

Kecintaannya terhadap dunia komedi memang tidak terbendung. Tetapi, ia kembali menerima tawaran untuk memandu acara Late Night menggantikan Conan O’Brien. Setelah itu, dia menerima ajakan NBC untuk menjadi presenter The Tonight Show di tahun 2013.

Debut Fallon dalam The Tonight Show berhasil mengantongi 11,3 juta penonton. Penampilan perdananya memang dibuat sesederhana mungkin.

Biasanya, presenter baru akan menyapa penonton sembari memperkenalkan diri. Pembawa acara akan keluar dari tirai dan melontarkan candaan. Tetapi melalui penampilan perdananya, Fallon menyapa penonton selayaknya sudah menjadi presenter lama.

Jimmy Fallon menggunakan komedi sketsa sebagai program andalannya dalam The Tonight Show. Berbagai kuis spesial menjadi ingatan penonton seperti Lip Sync Battle yang akhirnya menjadi program sendiri dan ditayangkan lewat Spike.

Kemudian ada Wheel of Musical Impressions, segmen yang menampilkan tamu dan Fallon harus meniru karakter figur publik sesuai jawaban yang ada di dalam roda putar. Jimmy Fallon berhasil menghidupkan The Tonight Show sebagai acara yang menghibur.

Penuh Talenta

Keberhasilan Jimmy Fallon dibantu kemampuan musikalnya yang tidak diragukan lagi. Ketika direkrut menjadi pembawa acara The Tonight Show, Fallon memboyong house band miliknya, The Roots.

The Roots yang mengiringi Fallon sejak era Late Night mendapat atensi besar lewat The Tonight Show. Mereka mampu menampilkan sajian musik yang berbeda dari band house televisi lainnya.

Salah satu contohnya, penampilan A Capella yang dibawakan The Roots dengan berbagai musisi dan pemain film. Penampilan mereka bersama pemain Star Wars: The Force Awakens menyanyikan lagu medley tema pembuka film Star Wars sudah ditonton lebih dari 123 juta.

Atau dalam segmen Classroom Instrument di mana The Roots dan Jimmy Fallon bersama penyanyi melantunkan lagu hits mereka diiringi mainan anak-anak dan alat musik seadanya layaknya seperti di kelas.

Kemampuan komedi Fallon juga selalu mengetahui tempat dan batasan. Berkat kelas komedi yang ia ikuti di awal karier, Fallon tidak pernah tersandung kontroversi sepanjang menjadi pembawa acara The Tonight Show.

Berkat Fallon, banyak video dari acara tersebut yang menjadi viral dan menyaingi acara televisi lain. Pelanggan kanal YouTube The Tonight Show with Jimmy Fallon pun mencapai 27 juta dan menjadi yang paling tertinggi untuk kanal sebuah acara talk show.

Diketahui, Jimmy Fallon menandatangani kontrak bersama The Tonight Show sampai akhir tahun 2021. Belum diketahui apakah Fallon akan melanjutkan atau mengakhiri kontrak tersebut.