Beda 12 Tahun Umur Pemain, Bikin Film <i>Malcolm & Marie</i> Dirundung Warganet
Poster Malcolm & Marie (Instagram @malcolmandmariefilm)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor John David Washington dan aktris Zendaya dipertemukan dalam sebuah film berjudul Malcolm & Marie. Film ini akan dirilis secara eksklusif di Netflix Indonesia pada 5 Februari.

Malcolm & Marie menceritakan kisah romansa seorang sutradara dan kekasihnya dalam perjalanan kembali ke rumah setelah menghadiri acara premiere film sembari menunggu komentar dari para kritikus. Namun menjelang malam tiba, hubungan mereka mengalami konflik.

Dibintangi dua bintang kenamaan, Malcolm & Marie tidak lepas dari kritikan publik. Sejak trailer dirilis pada 9 Januari, berbagai komentar warganet menghiasi video trailer YouTube dan media sosial Zendaya dan John David Washington.

Tidak sedikit masyarakat merasa Zendaya dan Washington memiliki jarak umur terlalu jauh - 12 tahun. Zendaya yang masih berumur 24 tahun disandingkan dengan John David Washington yang berusia 36 tahun.

Zendaya menyadari kekhawatiran penggemar dan memberikan respons atas kritikan itu.

“Orang-orang sering lupa - mungkin bisa dimengerti karena saya berakting sejak saya berumur 16 tahun, Anda tahu - (tetapi) saya sudah dewasa. Saya tahu seiring saya bertumbuh dan saya berkembang, akan ada momen di mana saya bisa berperan sebagai seseorang yang seumur denganku.”

Zendaya, Bintang Cilik yang Bersinar

Aktris Zendaya memulai kariernya di usia sangat muda. Shake It Up, serial pertamanya dari Disney menempatkan Zendaya sebagai karakter utama yaitu CeCe Jones. Keberhasilan Shake It Up menjadikan serial itu sebagai serial kedua yang paling banyak ditonton dalam sejarah Disney.

Seolah tidak berhenti dalam dunia akting, Zendaya juga menguasai dunia tarik suara dan seni peran. Kepopulerannya pun diraih berkat berbagai serial dan acara televisi buatan Disney.

Setelah itu ia semakin dikenal setelah membintangi franchise film Spider-Man: Homecoming bersama Tom Holland.

Menjalani karier berakting sejak kecil menjadikan Zendaya sebagai figur artis cilik yang ikonik. Ini semua tidak lepas dari image Disney yang melekat kepadanya.

Di tahun 2019, Zendaya mengambil peran dewasa pertamanya Euphoria. Dia berperan sebagai Rue Bennett, seorang remaja perempuan yang baru keluar dari panti rehabilitasi dan berjuang melepaskan jerat narkoba. Zendaya memperoleh penghargaan Emmy Awards 2020 sebagai Aktris Terbaik.

Kemudian, sampailah di proyek Malcolm & Marie, peran dewasa pertama Zendaya dalam film layar lebar. Mengutip Deadline, Sam Levinson, sang sutradara mengatakan peran Zendaya yaitu Marie dibuat berdasarkan sudut pandang Levinson kepada Zendaya.

Zendaya adalah sosok cerdas dan sangat menyukai tantangan. “Dia memberi (tawaran) Malcolm & Marie dan saya jatuh cinta dengan tantangan dan kemungkinan apa yang terjadi - dan ide ini datang dari sisi kedewasaan sebagai aktris.”

Fenomena Jarak Umur di Film Hollywood

Permasalahan jarak umur yang besar di film Hollywood menjadi isu yang sudah lama berkembang. Ada banyak film yang memasangkan dua pemain dengan umur yang sangat jauh. Lost in Translation, film tahun 2003 diperankan Scarlett Johanson di umur 18 tahun dengan Bill Murray di umur 52 tahun.

Atau film Third Person yang tayang pada tahun 2014. Diketahui Liam Neeson berumur 62 tahun sedangkan Olivia Wilde masih berumur 30 tahun. Namun saat itu peran media sosial untuk promosi tidak begitu besar sehingga warganet tidak bisa memberi kritik seperti situasi sekarang.

Menurut laporan Guardian, pada umumnya di film romantis, lebih banyak pemeran pria yang lebih tua dari segi umur dibandingkan pemeran wanita. Selain itu jarak umur yang kecil paling banyak ditemui dalam film arahan sutradara wanita.

Melihat permasalahan film Malcolm & Marie banyak dibicarakan adalah bentuk kepeduliaan penggemar terhadap karier Zendaya. Tetapi lebih dari itu, Zendaya terhitung dewasa dan berhak memilih proyek yang ia inginkan. Apalagi film Malcolm & Marie merupakan kerjasama keduanya bersama Sam Levinson.

Mendapat Dukungan

Menilik situs kritik Rotten Tomatoes, Malcolm & Marie mendapat rating 62% dari 55 ulasan di mana banyak kritikus yang memberikan respons positif. Chemistry John David Washington dan Zendaya adalah salah satu poin penting dalam film ini.

Menariknya, film ini diproduksi dalam waktu singkat - dua minggu dan hanya Washington dan Zendaya yang memerankan Malcolm & Marie. Karena dilakukan di tengah pandemi, hanya 12 orang yang bekerja di bagian tim produksi.

Meskipun dikelilingi kontroversi mengenai umurnya, Zendaya tidak membela dirinya sendirian. John David Washington, lawan mainnya dalam film Malcolm & Marie juga ikut angkat suara.

“Saya tidak merasa terganggu dengan (masalah umur) karena (Zendaya) adalah seorang wanita. Orang-orang akan menyaksikan seberapa besar dia sebagai wanita. Dia memiliki lebih banyak pengalaman dibandingkan saya di industri. Saya baru berada di sini selama tujuh tahun.”

“Apa yang saya nantikan ketika film ini dirilis adalah - mereka akan melihat betapa dewasanya (Zendaya) dalam peran ini,” kata Sam Levinson.

Malcolm & Marie menjadi cara Zendaya menunjukan kedewasaan dan emosionalnya untuk sebuah peran yang belum pernah disaksikan penggemarnya dalam berbagai karya sebelumnya.