Bagikan:

JAKARTA – Mudik Lebaran 2023 menjadi momen berkesan bagi para perantau di Indonesia. Waktu libur yang lebih panjang dan tidak ada lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat mereka benar-benar bersukacita.

Banyak cerita seru yang dibagikan para perantau di media sosial, termasuk cerita para pekerja migran yang baru mendapat kesempatan pulang menemui keluarga setelah tiga tahun lamanya tertahan akibat pandemi COVID-19 di negara lain.

Di TikTok banyak yang membuat video prank dengan memberi kejutan kepada orangtua. Seperti dalam unggahan akun @mudik_lebaran, seorang pria berpura-pura menjadi kurir memberikan kejutan untuk ibunya. Sang ibu awalnya tidak menyadari. Hingga beberapa saat kemudian, si anak yang sudah 4 tahun tidak pulang membuka helm dan maskernya langsung memeluk sang ibu sambil menangis dan meminta maaf.

Tak hanya cerita-cerita haru, banyak juga yang membagikan cerita-cerita lucu saat momen mudik dan Lebaran. Bahkan, sempat viral suami yang mudik dari Jakarta menuju Kediri, Jawa Timur menggunakan sepeda motor, lupa meninggalkan istrinya di Brebes.

Dia baru sadar istrinya tertinggal ketika sampai di daerah Pekalongan. Pria tersebut lalu kembali ke Brebes setelah menempuh perjalanan selama hampir dua jam.

Begitupun di Twitter. Perbincangan mengenai kisah-kisah seru selama momen mudik Lebaran kerap menjadi trending topic. Netray Media Monitoring menemukan lebih dari 255,3 ribu twit selama periode 17-30 April 2023. Dengan impresi sebanyak 302,1 juta reaksi dan berpotensi menjangkau hingga 527,6 juta akun.

“Suka cita warganet yang merasakan mudik dengan bebas tahun ini dapat terlihat dari banyaknya tweet bersentimen positif yang mencapai 101.006 twit atau 39,2 persen dari total twit,” tulis Netray dalam laporannya pada 4 Mei lalu.

Grafik intensitas perbincangan pemudik di Twitter. (Netray)

Perbincangan memuncak pada 18 April 2023 atau H-1 jelang penetapan cuti bersama Lebaran. Pada tanggal tersebut ditemukan sebanyak 48,8 ribu twit, lalu perbincangan menurun di hari berikutnya dan mulai merangkak di tanggal 20 April 2023.

Pengalaman-pengalaman perjalanan pemudik menggunakan berbagai macam kendaraan baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi mengisi perbincangan seputar mudik. Ini terlihat dari kumpulan Top Words, seperti adanya kosakata naik, kereta, motor, tiket, dan juga gratis.

“Salah satu kendaraan umum yang sering disebutkan adalah moda kereta api. Kereta api dinilai sebagai kendaraan umum yang tepat dan cepat bagi pemudik. Tak hanya dipermudah dengan cara pembelian tiket, pemandangan sepanjang perjalanan, terutama di sore hari dinilai menjadi nilai tambah untuk mudik dengan nyaman,” kata Netray.

Selain itu, banyak pula yang membagikan pengalaman mudik menggunakan seperti motor ketika bertemu dengan pemudik bersepeda motor lainnya di jalan.

“Buat mas mas motor vario plat Z yang tadi mudik bareng aku di jalan dari Kulon Progo sampai Taman Siswa, makasi mas, asik betol,” cuit akun @diostter pada 30 April.

Tak hanya cerita perjalanan saat mudik, sentimen positif juga diisi oleh twit-twit kebahagiaan yang menceritakan pengalaman seru ketika baru kembali pulang setelah bertahun-tahun merantau atau pengalaman ketika mudik ke rumah mertua untuk kali pertama.

Sentimen Negatif

Sedangkan perbincangan bersentimen negatif umumnya mengungkapkan pengalaman buruk selama perjalanan mudik. Seperti dicuitkan oleh @AldhiTR pada 19 April 2023 yang menceritakan pengalaman sepupunya terpaksa gagal mudik ke Lampung karena tiket pesawat sudah tidak berlaku. Padahal, sebelumnya tidak ada kendala.

“Semua aman-aman aja, checkin, masuk ruang boarding, sampe pas mau boarding tiba-tiba dibilangin tiketnya dicancel. Laaaahhhhh,” tulis @AldhiTR.

Atau, pengalaman buruk terkena jebakan pedagang yang mematok harga mahal. Biasanya terjadi di rumah-rumah makan yang menjadi tempat peristirahatan pemudik.

Alih-alih menyodorkan daftar harga menu makanan terlebih dahulu, pedagang malah cari cara agar konsumennya segera menyantap pesanan, kemudian mematok harga tinggi untuk setiap menu yang dipesan.

Konsumen yang sudah menyantap habis pesanannya mau tak mau membayar dengan harga yang dipatok penjual meski tidak masuk akal.

Contoh perbincangan pegiat Twitter soal mudik. (Netray)

Akun @adityaRU menyarankan agar pembeli berani melawan ulah-ulah pedagang nakal tersebut, “Skipppp bang, jangan suka maklumin pedagang2 yang suka jebak orang mudik kek gini. Ditanya harga malah suruh makan aja dulu, emang tabiatnya jelek aja tu pedagang.”

DKI Jakarta, menurut Netray, menjadi kota yang paling banyak disebutkan dalam perbincangan soal mudik di Twitter, mulai dari cuitan terkait pemudik yang meninggalkan Ibu Kota hingga warga Ibu Kota yang merasa kesepian arena ditinggal para perantau. Lalu, disusul oleh Jawa Tengah dan Bandung.

Selain lokasi, sosok yang paling banyak disebutkan oleh pegiat Twitter terkait mudik adalah Presiden Jokowi, Erick Thohir, dan Ganjar Pranowo. Erick Thohir dan Ganjar Pranowo banyak disebut karena keduanya membuat program mudik gratis. Erick membuat mudik gratis bersama BUMN sedangkan Ganjar membuat mudik gratis bagi warganya yang ingin pulang ke Jawa Tengah.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time.