<i>Ratatouille: The TikTok Musical</i>, Fenomena Internet yang Jadi Kolaborasi Besar
Poster Ratatouille: The TikTok Musical (Instagram @ratatousical)

Bagikan:

JAKARTA - Kebosanan berada di rumah selama pandemi COVID-19 menggerakkan banyak orang untuk mulai melakukan hal-hal kreatif, tidak terkecuali pengguna aplikasi TikTok.

Sejak Oktober 2020, para pengguna TikTok membuat video memasak diiringi lagu Le Festin, lagu dari film Ratatouille milik Disney/Pixar. Kemudian, seorang pengguna bernama Emily Jacobsen membuat video yang menyanyikan lagu tentang Remy, karakter utama film Ratatouille.

Menggunakan gaya chipmunk, Jacobsen membuat lagu khusus mengenai karakter Remy. Video itu menjadi viral dan diikuti oleh banyak pengguna TikTok lainnya dengan menyanyikan ulang lagu Ode To Remy buatan Jacobsen dan menjadi populer.

Puncaknya, ketika seorang pengguna TikTok bernama Daniel Mertzlufft membuat ulang video tersebut dengan lagu gubahannya khusus untuk Ode to Remy. Video ini mendapat jutaan penonton serta menjadi kolaborasi virtual di antara pengguna yang menciptakan sebuah fenomena baru yaitu Ratatouille Musical.

Ratatouille, Padukan Binatang dan Kuliner

Film Ratatouille dari sutradara Brad Bird mengisahkan seekor tikus bernama Remy (diisi oleh Patton Oswalt) yang ingin menjadi koki seperti idolanya, Auguste Gusteau (Brad Garrett). Suatu hari, ia terjebak di dalam restoran Gusteau di Paris.

Di dalam restoran tersebut, Remy bertemu dengan seorang pria pekerja cleaning service bernama Alfredo Linguini (Lou Romano). Remy pun membantu Linguini untuk memasak dan menyajikan makanan terbaik di restoran Gusteau.

Saat penayangannya di bioskop pada tahun 2007, Ratatouille memang tidak begitu laku di Amerika Utara. Tetapi film ini mendapat apresiasi di Prancis di mana kesuksesan itu membuat Ratatouille menempati film Pixar tersukses di urutan ketujuh.

Ratatouille juga memenangkan penghargaan Academy Awards ke-80, mengalahkan Persepolis dan Surf’s Up.

Dibuat ke Versi Musikal

Video Ode to Remy yang dibuat Emily Jacobsen menginspirasi pengguna TikTok lainnya untuk membuat koreografi, skrip, dan membentuknya sebagai musikal. Kepopuleran ini sempat membuat Jacobsen takut kalau Disney kan menggugatnya atas hak cipta di kemudian hari.

Di antara ramainya video TikTok, seorang produser musikal bernama Nobile melihat fenomena ini. Melansir Deadline, Nobile menghubungi seorang teman untuk bertanya tentang apa yang bisa mereka lakukan dengan musikal Ratatouille ini. Teman Nobile meneruskan ke presiden Disney Theatrical Group, Tom Schumacher dan Nobile memiliki ide untuk membuat musikal yang hasil penjualannya diberikan kepada The Actors Fund.

Organisasi ini berfokus kepada kebutuhan komunitas hiburan. Lebih dari 17 ribu orang yang bekerja di industri hiburan mendapat dana yang dapat digunakan untuk membantu kebutuhan finansial dan kesehatan mereka.

Nobile merekrut Jacobsen, pionir video TikTok Ratatouille pertama beserta Mertzlufft sebagai komposer. Dia juga menambahkan tenaga profesional seperti penulis Michael Breslin dan Patrick Foley. Mereka juga merekrut Lucy Moss, sutradara musikal yang banyak mengerjakan proyek di London dan Broadway. Untuk aktor musikal Ratatouille, Nobile dan seorang casting director meminta Andrew Barth Feldman dan Kevin Chamberlin.

Dalam waktu singkat, mereka merekrut beberapa aktor musikal kenamaan. Selain Chamberlin dan Feldman, ada Tituss Burgress, Andre De Shields, penyanyi Adam Lambert, Priscilla Lopez, Ashley Park, Owen Tabaka, Mary Testa, Cori Jasker, dan masih banyak lainnya. Seluruh pemain merekam bagian mereka dari kediaman masing-masing kecuali Burgress yang harus merekam banyak adegan.

“Kami meminta bintang Broadway untuk menggunakan kumis tikus dan merekamnya di malam Natal. Saya merasa gugup ketika membuka Dropbox (tempat para pemain mensubmit video) dan saat malam Natal, secara tiba-tiba, mereka mengunggahnya dengan tepat waktu. Mereka mengenakan kostum. Mereka mempelajari skrip mereka," kata Nobile melansir Deadline.

Jacobsen dan para kreator TikTok lainnya juga mendapat krediit dan royalti atas penggunaan lagu. Pihak Seaview ingin mengapresiasi kreator TikTok yang menjadi awal mula dari musikal Ratatouille ini.

Raup 1 Juta Dolar

Penayangan perdana Ratatouille: The TikTok Musical yang dilakukan pada satu Januari kemarin disambut antusias oleh para pengguna media sosial dan musikal. Mereka berhasil meraih 1 juta dolar Amerika Serikat untuk penjualan tiket perdana.

Hal ini disampaikan akun Twitter Ratatouille: The TikTok Musical di mana mereka menuliskan, “Kalian melakukannya! Kalian mengumpulkan 1 juta dolar AS untuk @TheActorsFund! Tetapi kami belum selesai. Tiket masih bisa dibeli sepanjang akhir pekan.”

Presiden The Actors Fund, Joseph P. Benincasa juga merasa bersyukur dengan pencapaian ini. “Kami senang karena memulai Tahun Baru dengan sebuah acara yang membawa banyak kebahagiaan. Rasa terima kasih kami untuk produser, kreator, penampil, dan semua orang di komunitas TikTok yang membuat hal ini terjadi.”

Kehadiran Ratatouille: The TikTok Musical adalah hiburan yang sukses mengubah interaksi media sosial sebagai kebaikan yang membantu banyak orang. Selain itu, hal ini juga membuktikan bahwa semua orang bisa menjadi kreatif dalam situasi apapun.