Will Smith Tampar Chris Rock di Piala Oscar 2022: Pembelajaran Tentang Pentingnya Empati dan Kontrol Emosi
Peristiwa saat Will Smith menampar Chris Rock dalam ajang Piala Oscar 2022. (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Will Smith akhirnya berhasil membawa pulang Piala Oscar 2022 setelah sebelumnya dua kali masuk nominasi. Namun bukan kemenangannya yang ramai dibicarakan, melainkan aksi Smith yang yang naik ke panggung ketika tampilam rambut botak Jada Pinkett menjadi olok-olok komedian Chris Rock. Smith kemudian menampar Rock.

“Jangan sebut-sebut nama istriku lagi,” teriak Smith dari bangkunya setelah menampar Rock.

Ternyata kebotakan yang dialami Jada karena ia mengidap Alopecia Areata atau gangguan autoimun yang menyebabkan rambutnya rontok.

Jada menderita penyakit tersebut sejak 2018. Akhir 2021 dia membuka diri, dan bercerita soal penyakitnya tersebut di media sosial dengan percaya diri dan terus terang. Video pengakuan Jada tersebut ditonton lebih dari 2 juta kali.

Will Smith dan istrinya yang menderit Alopecia Areata, Jada Pinkett. (ANTARA)

Dokter kulit bersertifikat di Dina Strachan di Aglow Dermatology di New York City mengatakan bahwa pada wanita Afro Amerika jenis Alopecia yang terjadi termasuk Traction Alopecia. Survei pada 2016 terhadap 5.594 wanita kulit hitam, sebanyak 47,6 persen responden mengatakan mereka mengalami kerontokan rambut.

Walau  tidak ada obat untuk Alopecia, banyak perawatan yang ditawarkan. Sebagian besar pasien Strachan menggunakan steroid topikal atau injeksi untuk mengobati Alopecia Areata. Strachan menganjurkan kepada wanita kulit hitam yang menderita Alopecia Areata untuk mencari dokter spesialis kerontokan Afro Amerika, karena keahlian yang berbeda-beda.

Apa Itu Alopecia?

Lantas apa itu Alopecia? Dikutip dari Healthline, Alopecia Areata yaitu gangguan autoimun yang mengakibatkan kerontokan rambut. Kerontokan yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengalami setengah rambutnya, bahkan mengalami kebotakakan.

Para pengidap Alopecia Areata yang mengalami kerontokan rambut, kondisi tubuh mereka tetap sehat. Selain itu kuku para mengidap penyakit ini kukunya akan terlihat kemerahan dan lebih rapuh.

Apa Penyebab Alopecia? Salah satu penyebab alopecia adalah karena faktor genetik yang memicu kerontokan rambut. Beberapa faktor ini dapat memicu Alopecia Areata : keturunan dari keluarga, asma, down syndrome, anemia pernisiosa, alergi musiman, penyakit tiroid, dan vitiligo.

Penyakit ini dapat dimulai di usia berapa saja. Tapi pada umumnya pengidap penyakit ini pada masa kanak-kanak atau masa remaja. Dan akan mengalami pertumbuhan rambut 12 bulan kemudian tanpa perawatan.

Rambut yang telah tumbuh tidak akan rontok lagi. Namun mereka akan mengalami siklus kerontokan dan pertumbuhan rambut lagi bertahun-tahun kemudian.

Smith Minta Maaf

Ketika memberikan pidato kemenangannya, Smith mengungkapkan permintaan maafnya kepada The Academi, atas kejadian yang terjadi di atas panggung sebelumnya.

"Saya masih terus belajar berbenah diri," lanjutnya.

Walaupun banyak  yang mengecam lawakan Rock yang dianggap tidak memiliki empati, namun David Scwarzh dari situs Psychology Today mengatakan apa yang dilakukan Will Smith mencontohkan  bahaya bertindak tanpa berpikir dingin. Smith membiarkan dirinya dikendalikan emosi. Hal ini sangat berbahaya.

Will Smith. (Instagram@willsmith)

“Jika Will Smith membawa senjata pada acara itu, apakah ia akan menggunakannya? Ada ribuan orang masuk penjara, karena mereka membiarkan  emosi mengendalikan,” kata Scwarzh.

Namun tidak hanya bagi Will Smith dan keluarga, banyak pihak juga menilai bahwa lelucon Chris Rock itu dapat berdampak buruk juga pada orang-orang yang sedang menonton Oscar yang juga memiliki Alopecia.