NasDem Tak Tahu Balon Bupati Gunungkidul Purwanto Ipar Presiden Jokowi
Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali mengaku, partainya tidak mengetahui bahwa bakal calon Bupati Gunungkidul Wahyu Purwanto adalah adik ipar Presiden Joko Widodo.

"Kami enggak tahu bahwa beliau punya hubungan pertalian keluarga dengan pak Jokowi, sampai hari ini partai NasDem belum pernah mengusung beliau," kata Ali." kata Ali dilansir Antara di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 29 Juli.

Bahkan, kata dia, DPW NasDem Yogyakarta masih berada dalam tahap survei calon, dan hasilnya belum pernah diusulkan secara resmi kepada DPP untuk diputuskan.

"Jadi masih tahap survei, dan DPW belum mengusulkan ke DPP untuk kemudian kami putuskan," kata Ketua Fraksi NasDem DPR RI itu.

Hanya saja dia mengakui bahwa Purwanto ikut mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah. "Karena kami membuka pendaftaran secara terbuka, salah satu yang mendaftar adalah beliau (Wahyu Purwanto)," kata Ali.

Namun, Ali menolak berkomentar apakah Purwanto mundur atau tidak dari pencalonan sebagai Bupati Gunungkidul dari Partai NasDem. Menurut dia, yang bisa menjawab itu hanya Presiden Jokowi dan Wahyu Purwanto sendiri.

"Ya mungkin untuk menjawab itu bukan saya sebagai Wakil Ketua Umum Partai NasDem, tapi calon sendiri dan pak Jokowi sendiri. Karena itu persoalan internal," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Gunung Kidul Suparjo mengatakan nama Wahyu Purwanto dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul​​​​​​​ Bahron Rasyid sudah disetorkan ke DPP NasDem. "Keputusan tergantung pusat,” kata Suparjo.

Sebelumnya Presiden Jokowi ikut berkomentar mengenai kabar itu. Jokowi meminta Partai NasDem tidak mencalonkan adik iparnya. Permintaan Jokowi ini disampaikan lewat Ketum NasDem Surya Paloh.