Shah Rukh Khan Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Pesawat, Benarkah?
Shah Rukh Khan (Foto: Twitter @iamsrk)

Bagikan:

JAKARTA - Beredar narasi di sebuah media online yang menyatakan bahwa aktor Bollywood, Shah Rukh Khan meninggal dunia karena kecelakaan pesawat.

Dalam artikel tersebut terdapat kompilasi gambar yang di antaranya adalah gambar orang-orang berduka dan tragedi kecelakaan pesawat.

Foto: turnbackhoax.id

 

Dilansir turnbackhoax.id, semua gambar tersebut diambil dari peristiwa kecelakaan dan kematian yang tidak bersangkutan dengan Shah Rukh Khan.

Gambar pertama adalah foto Shah Rukh Khan yang telah diedit, foto tersebut telah beredar sejak tahun 2012 dan dapat ditemukan di website berikut: https://www.peakpx.com/en/hd-wallpaper-desktop-nglbc.

Gambar kedua yang memperlihatkan kecelakaan pesawat adalah kejadian kecelakaan pesawat British Airways yang mendarat darurat di landasan pacu di bandara Heathrow London pada tahun 2008. Gambar kecelakaan pesawat yang sama persis dengan klaim dapat ditemukan pada sebuah artikel di website bernama Aviation Accidents. Artikel tersebut berjudul “BRITISH AIRWAYS – BOEING – B777-236ER (G-YMMM) flight BA38”, diterbitkan pertama kali pada 17 Januari 2008.

Gambar ketiga, yang memperlihatkan seorang pria berkacamata hitam dan memegang keranda adalah kematian seorang aktris Bollywood bernama Sridevi, yang meninggal pada tahun 2008. Gambar yang sama persis ditemukan pada artikel di situs website hindustantimes.com, artikel tersebut berjudul “Sridevi death: Anil Kapoor thanks Mumbai police for being supportive” (Kematian Sridevi: Anil Kapoor Berterima Kasih kepada Polisi Mumbai karena Memberikan Support).

Gambar keempat, memperlihatkan tiga orang wanita dan seorang di tengahnya menangis histeris adalah foto kejadian meninggalnya aktris Bollywood bernama Jiah Khan, pada 05 Juni 2013. Gambar yang sama persis ditemukan di situs berita mirror.co.uk, dengan artikel berjudul “Jiah Khan: Bollywood star found dead by mother in Mumbai home” (Jiah Khan: Bintang Bollywood Ditemukan Meninggal di Kediaman Ibunya di Mumbai). Dalam foto tersebut diberikan keterangan “Ibu Jiah Khan, Rabiya & saudara perempuannya berduka saat pemakamannya di pemakaman Santa Cruz di Mumbai pada Rabu, 05 Juni 2013”

Berdasarkan hasil pencarian fakta dapat disimpulkan bahwa klaim Shah Rukh Khan meninggal dunia adalah HOAX dan dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.