Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian Australia Barat menyebut ada kemungkinan keterlibatan orang lain dalam kasus hilangnya gadis berusia empat tahun Cleo Smith, di mana polisi sudah melakukan pencarian selama hampir seminggu.

Mengutip NZ Herald 22 Oktober Detektif Inspektur Rod Wilde dari Kepolisian Ausralia Barat dalam sebuah acara menyebut, setelah pencarian selama hampir sepekan tidak membawa penyidik 'ke mana pun', menjadikan keyakinan keterlibatan orang lain.

"Sehingga, dengan beberapa bukti yang kami peroleh dari tenda dan sekitarnya, kami percaya bahwa mungkin ada orang lain yang terlibat dalam penghilangan dia," jelasnya.

"Tim bekerja sepanjang waktu untuk menyelidiki semua petunjuk itu dan kami berharap hal itu dapat mengarahkan kami untuk menemukan di mana Cleo berada," sambungnya.

Sebelumnya, mengutip BBC 21 Oktober, Cleo Smith dikabarkan hilang dari tempat perkemahan pada Sabtu 16 Oktober pekan lalu. Cleo Smith terakhir terlihat tidur di tenda keluarganya di kamp pantai Quobba Blowholes di Australia Barat pada Sabtu pagi.

Ibu Cleo, Ellie Smith, sebelumnya menggambarkan bagaimana beberapa hari terakhir ini 'mengerikan'. "Kami belum benar-benar tidur," ujarnya mengungkap kondisi yang dialami keluarga dalam konferensi pers yang emosional.

"Semua orang bertanya kepada kami apa yang kami butuhkan dan yang kami butuhkan hanyalah rumah gadis kecil kami. Bagian terburuknya adalah, kami tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Itu di luar kendali kami sehingga kami merasa putus asa dan tidak terkendali," lirihnya.

Keluarga Cleo melakukan perjalanan ke lokasi terpencil, sekitar 900 km (560 mil) utara Perth, pada akhir pekan untuk perjalanan berkemah. Lokasinya di situs Quobba Blowhole, di Macleod, adalah daya tarik lokal di Coral Coast negara bagian, terkenal dengan pemandangan laut yang berangin, gua laut, dan laguna.

Sang ibu menuturkan, dia telah menidurkan Cleo setelah makan malam pada Jumat malam, melihatnya lagi pada pukul 01:30 ketika dia bangun meminta air.

Cleo sedang tidur di kasur udara di samping ranjang adik perempuannya, di ruang terpisah tenda keluarga, kata Smith.

Dia melihat tenda terbuka dan Cleo tidak ada pada pukul 06:00 ketika dia pergi untuk memberi putri bungsunya minuman di botol, tambahnya.

"Kami pergi mencari, trekking, memastikan dia tidak ada di sekitar tenda," tukas Smith.

"Kemudian kami masuk ke mobil dan mulai berkeliling kemana-mana. Kami sadar kami harus memanggil polisi karena dia tidak ada di sini."

Polisi Australia Barat telah mengimbau masyarakat untuk mencari tanda-tanda yang dapat memberikan jawaban atas keberadaan gadis yang hilang, dengan hadiah besar ditawarkan untuk informasi lebih lanjut mengenai keberadaan Cleo.

Kamis kemarin, Perdana Menteri Australia Barat Mark McGowan mengumumkan hadiah 1 juta dolar kepada siapa saja yang memiliki informasi yang dapat membantu pihak berwenang menemukan Cleo.

Untuk mendukung pencarian ini, lebih dari 100 personel polisi, tentara cadangan, dan sukarelawan saat ini terlibat dalam "pencarian darat, laut, dan udara yang ekstensif".