PPP Pertimbangkan Beri Dukungan untuk Gibran di Solo
Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mempertimbangkan untuk mendukung pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai wali kota Solo di Pilkada 2020. Apalagi, ditingkat nasional sebelumnya PPP sudah berkoalisi dengan PDIP.

"Karena di Surakarta kita enggak dapat kursi, nanti ikut hitungan berbasis suara. Tentu Mas Gibran menjadi salah satu yang kita timbang-timbang. Apalagi kita dengan PDI berkoalisi gitu. Kalau dilanjutkan ke koalisi tingkat lokal kan enggak ada masalah, bagus juga," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 17 Desember.

Baidowi berujar, berkaca pada Pilkada sebelumnya, calon yang didukungnya selalu kalah jika berhadapan dengan calon yang diusung PDIP. Karena itu, pihaknya mempertimbangkan untuk berkoalisi.

"Mulai dari Pak Jokowi itu selalu kalah. Pas Pak Rudi kita ikut gabung baru menang. Nah besok yang kami harapkan PPP akan mengusung calon yang memiliki trand kemenangan yang cukup terbuka," jelasnya.

Jika melihat hasil survei yang saat ini beredar, kata Baidowi, prospek Gibran ke depan cukup bagus. Apalagi, Gibran baru muncul di dunia politik, tetapi sudah menempati urutan kedua, menyalip ketua-ketua partai yang ada di sana.

"Bahkan ketua-ketua partai yang ada di situ enggak tahu masuk 10 besar atau tidak. Jadi, itu menjadi modal berharga bagi Mas Gibran. Jangan dilihat nomor duanya tapi dilihat tren kenaikan surveinya. Baru muncul, sudah bisa menyodok ke nomor dua, bisa dilihat per tiga bulan beliau selalu naik. Itu menjadi modal awal untuk Mas Gibran," jelasnya.

Gibran Rakabuming Raka saat menyambangi kediaman Megawati (Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Meski begitu, kata Baidowi, tidak hanya cukup dengan elektabilitas maupun popularitas. Calon kepala daerah juga harus dibekali dengan konsolidasi. Ia menilai, Gibran bisa memaksimalkan jaringan mesin partai politik maupun mesin relawannya.

Awiek sapaan akrabnya mengingatkan, jangan terlena dengan popularitas yang sudah mulai bagus. Namun, sebagai modal awal hal itu sudah bagus. Menurut dia, Gibran hanya tinggal memikirkan bagaimana memperkuat strukturnya jika diusung oleh koalisi partai.

"Mas Gibran, ketika nanti ditetapkan sebagai paslon saya yakin elektabilitasnya akan semakin menyodok ke atas," ucapnya.

Menurut Baidowi, partainya akan menentukan sikap untuk mendukung calon wali kota Solo pada bulan Januari 2020. Sebab, pengusulan masih akan dibuka hingga Juni.

"Kapan kira-kira di putuskan. Nanti PPP akan putuskan pada bulan Januari. Atau February. Karena pengusulan calon kan masih bukan Juni," tuturnya.