Kedai Kopi di Indonesia Hampir Mencapai 3.000 Gerai
Kedai Kopi. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA  - Bisnis kedai kopi di Indonesia terus tumbuh, menjadi emerging business yang muncul seperti cendawan di musim penghujan. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah kedai kopi di Indonesia secara signifikan dalam tiga tahun terahir dan naiknya konsumsi domestik kopi di Indonesia.

Hasil riset TOFFIN, perusahaan penyedia solusi bisnis berupa barang dan jasa di industri HOREKA (Hotel, restoran, dan kafe), di Indonesia, menunjukkan jumlah kedai kopi di Indonesia pada Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016 yang hanya sekitar 1.000.

Angka riil jumlah kedai kopi ini bisa lebih besar karena sensus kedai kopi itu hanya mencakup gerai-gerai berjaringan di kota-kota besar, tidak termasuk kedai-kedai kopi independen yang modern maupun trandisional di berbagai daerah.

Sementara itu, konsumsi kopi domestik Indonesia juga terus meningkat. Data Tahunan Konsumsi Kopi Indonesia 2019 yang dikeluarkan oleh Global Agricultural Information Network menunjukkan proyeksi konsumsi domestik (Coffee Domestic Consumption) pada 2019/2020 mencapai 294.000 ton atau meningkat sekitar 13.9 persen dibandingkan konsumsi pada 2018/2019 yang mencapai 258.000 ton.

Secara per kapita, konsumsi kopi masyarakat Indonesia relatif masih rendah dibandingkan negara lain, yaitu hanya sekitar 1 kilogram pada 2018. Bandingkan dengan Vietnam —yang tingkat pendapatannya di bawah Indonesia— konsumsi kopi per kapitanya mencapai 1,5 kilogram pada tahun yang sama.

Dari sisi bisnis, penjualan produk Ready to Drink (RTD) Coffee atau kopi siap minum— seperti produk kopi yang dijual di kedai kopi— terus meningkat. Menurut data Euromonitor, kalau pada 2013 retail sales volume RTD Coffee Indonesia hanya sekitar 50 juta liter, pada 2018 menjadi hampir 120 juta liter.

"Riset ini diperlukan karena selama ini belum ada survei atau penelitian tentang industri kedai kopi di Indonesia. Untuk itu diharapkan riset ini menjadi panduan bagi pelaku bisnis kedai kopi di Indonesia," ujar Nicky Kusuma, Vice President Sales and Marketing TOFFIN Indonesia, dalam keterangan yang diterima VOI, Selasa 17 Desember.

Riset tentang perkembangan bisnis kedai kopi di Indonesia yang dilakukan oleh TOFFIN melalui indepth interview dengan para pemangku kepentingan di industri kedai kopi Indonesia menunjukkan, ada tujuh faktor yang mendorong pertumbuhan bisnis kedai kopi di Indonesia, yaitu:

1. Kebiasaan (budaya) nongkrong sambil ngopi.

2. Meningkatnya daya beli konsumen, tumbuhnya kelas menengah, dan harga RTD Coffee di kedai modern yang lebih terjangkau.

3. Dominasi populasi anak muda Indonesia (Generasi Y dan Z) yang menciptakan gaya hidup baru dalam mengonsumsi kopi.

4. Kehadiran media sosial yang memudahkan pebisnis kedai kopi melakukan aktivitas marketing dan promosi.

5. Kehadiran platform ride hailing (Grabfood dan Gofood) yang memudahkan proses penjualan.

6. Rendahnya entries barriers dalam bisnis kopi yang ditunjang dengan ketersediaan pasokan bahan baku, peralatan (mesin kopi), dan sumber daya untuk membangun bisnis kedai kopi.

7. Margin bisnis kedai kopi yang relatif cukup tinggi.

Melihat perkembangan faktor-faktor pendorong tersebut, bisnis kedai kopi di Indonesia pada tahun depan diperkirakan masih akan positif. Andreas Chang, CEO Tahta Coffee, bahkan meyakini market kedai kopi masih kuat karena studinya selama lima tahun menunjukkan bahwa konsumsi RTD Coffee meningkat tiga kali lipat.

"Ini masih sangat jauh gap-nya. Jadi bisnis ini masih emerging," tutur Andreas Chang.

Sementara Edison Manalu, CEO Harvest Group, memperkirakan pertumbuhannya masih akan double digit. Dengan jumlah gerai yang terdata saat ini dan asumsi penjualan rata-rata per outlet 200 cup per hari, serta harga kopi per cup Rp22.500, TOFFIN memperkirakan nilai pasar kedai kopi di Indonesia mencapai Rp4,8 triliun per tahun.

Proyeksi pertumbuhan pada 2020 ini juga berdasarkan insight dari konsumen yang dikumpulkan melalui survei online kepada kalangan muda (generasi Y dan Z) penggemar kopi di Indonesia.

Hasil survei tersebut antara lain menunjukkan bahwa kedai Coffee to Go yang menyediakan RTD Coffee berkualitas dengan harga terjangkau sangat diminati generasi yang mendominasi populasi Indonesia saat ini.

Dalam setahun terakhir, 40 persen generasi ini membeli minuman kopinya dari gerai kopi jenis ini. Dengan rata-rata alokasi belanja untuk minuman kopi (share of wallet) Rp200.000 per bulan, bisnis kedai kopi jenis ini diperkirakan akan tumbuh signifikan pada tahun-tahun mendatang.

Ilustrasi biji kopi. (Foto: Unsplash)

Empat Gelombang Industri Kopi

Para pelaku bisnis kedai kopi di Indonesia membagi perjalanan industri ini ke dalam empat gelombang besar. TOFFIN mencoba menengarai keempat gelombang tersebut berdasarkan momentum masuknya merek-merek kedai kopi fenomenal ke dalam industri ini di Indonesia.

Gelombang I (Dekade 1980-1990-an). Pada masa ini, sebagian besar masyarakat Indonesia menikmati kopi instan (dalam kemasan saset) yang disediakan oleh manufaktur produk-produk konsumer (kopi ABC, Kapal Api, Torabika, Nescafe) dan kopi tubruk tidak bermerek. Pada masa ini produk RTD Coffee lebih banyak disediakan oleh warung kopi tradisional dan oleh sedikit gerai kopi modern, yaitu Dunkin (1985), Olala (1990), dan Excelso (1991).

Gelombang II (Dekade 2000). Pada masa ini tren minum kopi di kedai kopi modern mulai berubah dari tren untuk memenuhi kebutuhan fungsional (minum kopi untuk menyegarkan) menjadi untuk memenuhi kebutuhan emosional, di mana menikmati segelas kopi di gerai modern dipersepsi dapat menaikkan gengsi. Masa ini ditandai dengan masuknya brand jaringan kedai kopi modern dari Amerika Serikat Starbucks (2002) dan Coffee Bean (2001).

Gelombang III (Awal dekade 2010 hingga 2015). Pada masa ini apresiasi konsumen terhadap kopi makin meningkat yang ditandai dengan hadirnya kedai kopi artisan seperti Tanamera pada 2013. Pada masa ini konsumen tidak hanya menikmati gengsi minum kopi di kafe, melainkan mulai tertarik dengan proses produksi secangkir kopi. Pada masa ini, kehadiran mesin kopi menjadi referensi visual bagi konsumen. Pada masa ini para pebisnis makin menyadari seksinya bisnis kedai kopi di Indonesia. Banyak brand baru mulai masuk ke pasar.

Gelombang IV (2016 sampai sekarang). Pada masa ini besarnya pasar kedai kopi di Indonesia meningkat signifikan. Brand baru kedai kopi bermunculan dan masing-masing langsung ekspansif membuka puluhan hingga ratusan cabang di berbagai kota. Untuk menggarap segmen muda (anak-anak sekolah hingga para first jobber), para pebisnis kedai kopi ini membuka kedai Coffee to Go, yaitu kedai kecil yang menyediakan fresh RTD Coffee dengan harga terjangkau untuk dibawa pulang atau tidak dikonsumsi di tempat (take away). Kehadiran platform ride hailing Gofood dan Grabfood ikut mendorong booming-nya kedai Coffee to Go ini.

Salah satu pengusaha kedai kopi, Annisa Nurfitriyani mengaku tergerak untuk membuka kedai kopi karena melihat potensi pasar yang besar. Ia mengamini apa yang dipaparkan TOFFIN bahwa kebiasaan anak muda yang hobi nongkrong menjadi salah satu faktor banyaknya kedai kopi di Indonesia saat ini.

"Tren generasi Y dan Z itu sekarang memang lebih suka nongkrong di coffee shop. Kalau dulu sih anak-anak muda lebih suka di mall, tapi sekarang menurut saya anak-anak muda itu agak malas nongkrong di mall. Mereka (anak-anak muda) mencari tempat yang lebih intim, ya di coffee shop," ujarnya kepada VOI.

Faktor sosial media menurutnya, juga menjadi alasan dirinya berbisnis kedai kopi. Sosial media dianggapnya mempermudah dalam hal promosi melalui fitur-fiturnya.

Kedai Koffiemabelas (KOMA) di Tebet, Jakarta Selatan. (Foto: Instagram @koffiemabelas)

Pemilik kedai kopi bernama Koffie Mabelas ini menambahkan, dirinya juga ingin membantu menggerakkan ekonomi Tanah Air dengan membantu meningkatkan penyerapan hasil kopi dalam negeri dengan menyediakan jenis-jenis kopi lokal.

"Saya menyediakan beberapa kopi lokal seperti Aceh Gayo, Lintong Sumatera Utara, Bali Kintamani, Papua Wamena, dan Toraja Sapan," jelasnya.

Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) menyatakan kontribusi bisnis kedai kopi pada tahun ini diperkirakan sekitar 25 persen dari total serapan dalam negeri yang diprediksi mencapai 360.000-380.000 ton. Angka itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan 2018 dimana bisnis kedai kopi hanya menyumbang serapan kopi produksi lokal sekitar 18 persen-20 persen.

AEKI menyatakan, dalam beberapa tahun ini serapan kopi dalam negeri memang meningkat cukup signifikan. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir ini bisnis kedai kopi pun terus tumbuh di Indonesia.