Densus 88 Temukan 35 Kg Bahan Peledak ‘Mother of Satan’ dari Teroris yang Pernah Rencanakan Serang Jokowi
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA -  Densus 88 Antiteror menemukan 35 kilogram bahan baku peledak TATP di kaki Gunung Ciremai, Jawa Barat. Temuan itu berdasarkan pengakuan terduga teroris Imam Mulayna yang ditangkap pada tahun 2017.

"Densus 88 Antiteror menemukan 35 kilogram TATP di Desa Bantar Agung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Senin, 4 Oktober.

Puluhan bahan baku bom yang dikenal dengan sebutan Mother of Satan itu ditemukan di tempat terpisah, pada Jumat, 1 Oktober. Di mana, lokasi penyimpanan merupakan wilayah pedalaman.

"Dari hasil pencarian ditemukan sejumlah TATP dalam beberapa wadah terpisah, sesuai dengan pengakuan Imam Mulyana. Ditemukan sebuah toples berisi 10 kg TATP murni, botol plastik ukuran 250 ml berisi gotri (besi bulat berukuran kecil), 4 Tupperware berisi TATP murni dan C1 dan setengah botol air minum besar berisi TATP yang sudah berubah warna," papar Ramadhan.

Usai ditemukan, lanjut Ramadhan, bahan baku itu langsung dimusnahkan. Dari proses pemusnahan, diketahui bahan baku tersebut memiliki daya ledak tinggi.

Imam Mulayna merupakan terduga teroris yang ditangkap tiga jam sebelum Presiden Joko Widodo menghadiri acara penutupan kegiatan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke IX Tahun 2017 di Taman Gua Sunyaragi, Cirebon.

BACA JUGA:


- https://voi.id/berita/91129/pemerintah-perpanjang-ppkm-jawa-bali-hingga-18-oktober-ada-daerah-yang-naik-level-3

- https://voi.id/berita/91025/zulkifli-hasan-pemerintahan-jokowi-harus-diperkuat-pan-akan-buat-narasi-positif-hentikan-perpecahan

- https://voi.id/berita/91007/kpk-rajin-gelar-penindakan-novel-baswedan-jangan-terkecoh

- https://voi.id/berita/90999/ternyata-sampel-penelitian-air-laut-teluk-jakarta-mengandung-parasetamol-diambil-tahun-2017

- https://voi.id/berita/90987/anggotanya-dihabisi-militer-kelompok-teroris-boko-haram-rekrut-masyarakat-dengan-membagikan-uang

[/see_also

Penangkapan terhadap Imam pun dilakukan setelah gerak-gerik yang mencurigakan di dekat Bandara Cakrabuana, Cirebon. Bahkan, dari hasil penggeledahan ditemukan koper berisi sangkur, airsoft gun, buku ajakan berjihad, dan beberapa benda mencurigakan lainnya.

Kemudian Imam diketahui terkait dengan jaringan JAD dan berniat untuk merampas senjata anggota polisi yang mengamankan kedatangan Presiden, sekaligus melukainya.