Bidan yang Meninggal akibat COVID-19 di Kampar, Riau Dapat Penghargaan Presiden Jokowi
Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) memberikan penghargaan dari Presiden Joko Widodo bagi Bidan Neldawaty kepada ahli warisnya (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan kepada Neldawaty, bidan asal Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, yang meninggal dunia akibat COVID-19 pada 10 Oktober 2020 di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Riau Darmiati MKes di Kampar, Sabtu, mengatakan bahwa penghargaan dari Presiden pada Kamis, 30 September diserahkan oleh pengurus IBI kepada suami Neldawati di Puskesmas Air Tiris, Kampar.

"Ini merupakan kepedulian pemerintah terhadap tenaga kesehatan yang gugur dalam melaksanakan tugas negara," kata Darmiati, dilansir Antara, Sabtu, 2 Oktober.

Neldawati adalah warga Desa Tanjung Berulak, Kecamatan Kampar, yang bekerja sebagai bidan di Puskesmas Pembantu Kampar.

Anggota IBI Cabang Kampar itu ditugasi menangani COVID-19 oleh Kepala Puskesmas Kampar pada 19 Maret 2020.

Pada 9 Oktober 2020, Neldawaty menjalani perawatan di Rumah Sakit  Eka Hospital Pekanbaru karena sakit dan diduga terinfeksi virus corona. Pada hari berikutnya dia dinyatakan meninggal dunia karena COVID-19.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kampar Zulhendra mengapresiasi upaya IBI mengusulkan pemberian penghargaan kepada bidan Neldawaty.

"Ada juga yang berprofesi lain gugur dalam tugasnya, namun belum mendapatkan penghargaan bintang jasa dari presiden RI, inilah kerja keras dari pengurus IBI Pusat untuk anggotanya," katanya.

Dia mengatakan bahwa selain memberikan penghargaan, pemerintah juga memberikan santunan kepada ahli waris bidan Neldawaty.