Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Alun-alun Sorong Papua
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (DOK VIA ANTARA)

Bagikan:

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sorong, Papua. Kang Emil meresmikan Alun-alun Kabupaten Sorong yang kini tampil dengan wajah baru.

Kang Emil menuturkan dirinya diminta Bupati Sorong Johny Kamuru untuk merancang wajah baru Alun-Alun Kabupaten Sorong saat dirinya menjabat Wali Kota Bandung.

"Jadi waktu Pak Bupati ketemu saya, saya bilang salah satu tempat yang dirindukan warga adalah alun alun," kata Ridwan Kamil dikutip Antara, Jumat, 1 Oktober.

Didampingi sang istri, Atalia Praratya, kehadiran Ridwan Kamil dan rombongan disambut tari-tarian tradisional Papua dan Jabar yang dibawakan warga Sorong.

Peresmian alun-alun juga ditandai dengan pemotongan pita di pintu gerbang alun-alun oleh Ridwan Kamil dan Bupati Sorong, Johny Kamuru dan jajaran Pemerintahan Kabupaten Sorong dan pihak-pihak terkait lainnya.

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong sendiri sudah diinisiasi sejak 2017 dan Ridwan Kamil mendedikasikan ilmu arsitekturnya untuk merancang wajah baru alun-alun yang berlokasi di Jalan Sorong-Aimas, Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong itu.

Kang Emil kemudian mulai mendesain alun-alun tersebut dan menurutnya, sebagai ruang terbuka publik, alun-alun merupakan tempat yang istimewa dan jantung kota tempat warga berkumpul.

Bahkan, kata Kang Emil, alun-alun pun dapat menjadi wadah untuk berdemokrasi sekalipun.

"Sehingga saat saya gambar, harus ada ragam hias, ragam budaya. Lalu ada juga fasilitas olahraga, dan lainnya," kata Kang Emil.

Salah satu sisi menarik dari alun-alun tersebut, yakni adanya bangunan koridor yang dirancang menyerupai jajaran pohon-pohon besar.

Kang Emil mengungkapkan hadirnya bangunan tersebut terinspirasi dari banyaknya pohon besar saat dirinya berkunjung ke Kabupaten Sorong.

"Itu bangunan yang di depan itu, inspirasinya memang dari banyaknya pohon-pohon besar di sini yang diwujudkan dalam bentuk struktur," katanya.

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong sendiri terbagi dari dua sisi, yakni sisi utara dan selatan.

Kang Emil meresmikan alun-alun sisi utara yang sudah rampung direvitalisasi dan alun-alun sisi selatan nantinya akan hadir lebih megah.

Sebagai wujud kebermanfaatan yang selama ini dianutnya, lanjut Kang Emil, ia sudah melobi pemerintah pusat melalui Menkopolhulam Mahfud MD untuk membantu pembiayaan revitalisasi sisi selatan Alun-alun Kabupaten Sorong itu.

"Dan kabar baiknya, saya juga sudah menghadap pemerintah pusat melalui Pak Mahfud MD yang rencananya akan membiayai pembangunan alun-alun tahap dua ini," kata Kang Emil.

Kang Emil berharap kehadiran wajah baru Alun-alun Kabupaten Sorong membawa kebahagiaan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sorong. Selain itu, mampu mendorong Kabupaten Sorong menjadi daerah yang lebih maju.

Kang Emil menyatakan kerja sama yang salah satunya diwujudkan melalui revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong ini merupakan wujud kebersamaan antara Jabar dan Papua sebagai provinsi yang bersahabat.

"Saya doakan, dengan kehadiran alun-alun ini, Kabupaten Sorong semakin maju. Pesan saya, setiap hari harus ada yang baru. Anak-anak harus pintar, sejahtera, dan hebat dari orang tuanya. Jangan sebaliknya," kata Kang Emil.

Sementara itu, Bupati Sorong, Johny Kamuru menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dedikasi Ridwan Kamil yang telah mendesain Alun-alun Kabupaten Sorong hingga kini tampil beda.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak, apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran bapak di sini," kata Kamuru.

"Ini memang sudah direncanakan sejak lama, tapi Puji Tuhan ini waktu yang tepat. Bayangkan, kemarin (kasus) Corona lagi tinggi-tingginya, lalu sekarang ada PON (Pekan Olahraga Nasional), dan Presiden mau ke sini (Papua), luar biasa," lanjut Kamuru.