Besok DPR Gelar Paripurna Sepakati Lodewijk F. Paulus Gantikan Azis Syamsuddin
Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua DPR Puan Maharani (Nailin In Saroh-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan DPR menerima nama calon Wakil Ketua DPR bidang Korpolkam dari Partai Golkar. DPR akan menggelar Rapat Paripurna dengan salah satu agenda membahas persetujuan usulan Partai Golkar yang mengajukan nama Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR.

"Kami akan menjalankan mekanisme proses pergantian antar-waktu Pimpinan DPR dari Partai Golkar untuk segera diteruskan pada Rapat Paripurna pada Kamis," ujar Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers gedung DPR, Jakarta, Rabu, 29 September.

Puan menjelaskan, dirinya bersama Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad telah menerima surat usulan nama pimpinan DPR pengganti Azis Syamsuddin langsung dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sekaligus surat pengunduran Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR periode 2019-2024.

"Sesuai dengan mekanisme pergantian pimpinan DPR RI, Pasal 47 Peraturan DPR no.1 tahun 2020 tentang peraturan tata tertib DPR maka DPR akan memproses pimpinan Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar," kata Puan.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto secara resmi mengumumkan Letjen (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin.

Airlangga menyerahkan langsung surat permohonan persetujuan PAW pimpinan DPR dari unsur Partai Golkar yaitu calon Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) kepada Ketua DPR Puan Maharani.

Terkait dengan mekanisme yang ada, lanjut Airlangga, Partai Golkar sudah melakukan rapat pleno terbatas dan rapat pleno harian. Menurut dia, proses di internal Golkar juga sesuai dengan mekanisme sama seperti di DPR.

"Nah, sesuai dengan mekanisme yang berlaku, kami telah berkonsultasi dengan seluruh senior partai Golkar di dewan pembina, dewan kehormatan dan juga dewan pakar," jelasnya. 

"Dan dalam rapat pleno tanggal 27 September kemarin, Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk saudara Lodewijk Freidrich Paulus sebagai calon wakil ketua DPR menggantikan saudara Azis syamsuddin," kata Airlangga.