Pemerintah Izinkan Konser Musik, Wagub DKI: Sabar Ya
ILUSTRASI/UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan Pemprov DKI masih menunggu kepastian tahapan pelonggaran aktivitas skala besar termasuk konser musik. 

Pernyataan Riza ini merespons keputusan pemerintah yang bakal mengizinkan kegiatan skala besar dengan syarat tertentu. 

“Masih belum ya, kami menunggu, pelonggaran itu ada tahapannya tidak semua langsung dibuka, dilonggarkan. Sekarang pelonggaran itu ada tahapannya, harus seiring dengan kemajuan vaksin, yang kedua seiring dengan penurunan COVID-19, baru mulai ditambah dan ditingkatkan pelonggarannya. Jadi sabar ya,” kata Wagub DKI Riza Patria kepada wartawan, Senin, 27 September. 

Riza saat ditanya wartawan, memastikan pelonggaran kegiatan yang dimaksud pemerintah pusat juga terkait dengan hiburan karaoke. 

“Ya termasuk karoke juga kita bahas,” sebut dia. 

Sebelumnya, pemerintah mengatakan akan mengizinkan penyelenggaraan kegiatan besar dengan kewajiban mengikuti pedoman yang telah ditetapkan, sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor pariwisata.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan kebijakan tersebut diambil usai mempertimbangkan perlunya mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif tetapi juga aman dari COVID-19.

“Pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan beskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan,” ujar Menteri Johnny.

Upaya pemulihan sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi mesin penggerak kegiatan ekonomi dan memberikan dampak turunan positif kepada sektor lain.

Kegiatan berskala besar yang dimaksud adalah aktivitas yang melibatkan partisipan atau undangan dalam jumlah besar dan dari berbagai tempat, seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival konser, pesta, maupun acara pernikahan besar.

Kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2, serta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada tahun ini menjadi contoh kegiatan berskala besar yang sedang dijalankan.

“Tentu saja penyelenggaraan kedua acara besar tersebut telah melalui diskusi berbagai pihak guna menekan risiko penularan virus,” ujar Menteri Johnny.