Badai Jadi Penyebab Ribuan <i>Penis Fish</i> Berserakan di Pantai California
Penis Fish di Pantai California (instagram @baynature)

Bagikan:

JAKARTA - Masyarakat di area Teluk California, Amerika Serikat (AS), dikejutkan dengan ribuan cacing atau kerap disebut ikan penis, yang terdampar di pesisir pantai. Kehadiran hewan invertebrata itu pun jadi santapan bagi burung-burung camar.

Mengutip dari Live Science, ribuan ikan penis tersebut muncul setelah California diterjang cuaca gelap dan badai. Sekumpulan ikan penis tersebut memiliki panjang sekitar 25 cm. 

Makhluk tersebut biasanya ditemukan di pasir atau lumpur, karena mereka kerap menggali ke dalam pasir. Seorang ahli biologi di Bay Nature, menjelaskan bahwa hewan bulat berwarna merah muda sebenarnya adalah spesies cacing laut yang dikenal dengan nama latin Urechis caupo

"Saya tidak tahu makhluk itu apa, mereka ada di sepanjang saya berjalan dua mil. Saya berjalan selama setengah jam dan makhluk itu berserakan di mana-mana. Ada burung camar yang berbaris di sepanjang sepanjang pantai dan memakannya begitu banyak sehingga mereka hampir tidak bisa berdiri," cerita seorang warga, David Ford, dikutip dari Live Science.

Penis fish masuk dalam segmentasi cacing, sama halnya dengan lintah dan cacing tanah. Namun seiring berjalannya waktu, tubuh penis fish lebih halus dan berwarna lebih terang. 

Penis fish juga kerap disebut 'pemilik rumah yang gendut'. Hal tersebut dikarenakan galian yang dibuat oleh penis fish kerap digunakan sebagai tempat tinggal oleh binatang laut lainnya seperti kepiting, udang, dan kerang. Penis fish juga bisa hidup selama 25 tahun.

Penyebab berserakannya penis fish di pantai California disebabkan oleh badai yang kuat seperti El Nino. Ahli biologi Ivan Parr di BayNature mengatakan, badai yang kuat, mampu memecah sedimen pasir dan menghancurkan ribuan lubang buatan cacing tersebut sehingga membuat mereka berserakan di pantai.

"Kami melihat risiko membangun rumah dari pasir. Badai kuat, terutama selama tahun-tahun El Nino, benar-benar mampu mengepung zona intertidal, memecah sedimen, dan membiarkan isi dari pasir terdampar di pantai," tulis Ivan Parr, dikutip dari CNN

Warga California mungkin sedikit asing dengan binatang tersebut. Namun di negara lain, seperti di area Asia penis fish adalah binatang laut yang lumrah ditemukan. Bahkan di Korea, penis fish dijadikan sebagai hidangan dikarenakan rasanya yang lembut dan asin.