Bobby Nasution Respons Viral Harimau Kurus di Medan Zoo Makan Rumput: Ibu Kahiyang Janji Sumbang Daging
Wali Kota Medan Bobby Nasution (DOK VOI/Satria H)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan, Bobby Nasution merespons video yang menunjukkan seekor Harimau Sumatera bertubuh kurus yang memakan rumput di Kebun Binatang Medan Zoo. 

Diketahui, Kebun Binatang Medan Zoo dikelola oleh Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan. Bobby Nasution mengatakan, dirinya sudah menekankan kepada direksi PD Pembangunan yang baru dilantiknya untuk mengelola Medan Zoo lebih baik lagi. 

"Namun hari ini, kita tahu bagaimana pengelolaannya masih minim, jadi kesulitan sering terjadi. Makanya banyak yang memberikan sumbangan, baik dari CSR seperti kemarin kita nerima beberapa kilogram daging ayam untuk makanan Harimau," kata Bobby Nasution di Medan, Jumat, 24 September. 

Bobby Nasution menuntut agar direksi PD Pembangunan yang baru bisa memperbaiki manajemennya untuk bisa memenuhi pakan hewan penghuni Medan Zoo.

"Dia harus bisa memenuhi kebutuhan sendiri kalau sudah menjadi suatu badan (usaha)," ujarnya. 

Selain itu, Bobby Nasution mengatakan istrinya, Kahiyang Ayu sudah berjanji kepadanya untuk menyumbangkan daging untuk pakan Harimau. 

"Kemarin ibu wali kota (Kahiyang) mau menyumbangkan atau memberikan langsung sumbangan daging ataupun ayam. Itu janji ibu wali kota sama saya kemarin,” sambung Bobby Nasution. 

Sementara itu, Dokter hewan Medan Zoo, Drh Yuna Dumaica, mengatakan jika Harimau Sumatera, dalam kondisi sedang sakit karena infeksi perut. 

"Harimau Sumatera itu punya kita (Medan Zoo), beberapa saat lalu, memang dia ada masalah (pada) kondisi pencernaan, ada infeksi. Dan dari infeksi (itu) ada bakteri," ujar Yuna kepada wartawan.

Terkait kondisi kesehatannya, pihak Medan Zoo, telah mengobati dan merawatanya. Jadi saat ini hewan itu sedang dalam masa pemulihan.

"Jadi untuk pola makan, dia dirawat dan diberikan vitamin seperti itu. Memang dalam beberapa hari ini kan, kebetulan juga sedang diistirahatkan dulu di kandang," jelas dia. 

Mengenai harimau yang terekam di luar kandang, kata Yuna, itu bagian dari latihan masa pemulihan.

Yuna juga menanggapi soal harimau terekam memakan rumput. Menurutnya, memakan rumput salah satu cara yang dilakukan, untuk melancarkan pencernaan.

"Memang sejenis kucing-kucingan itu memang biasa makan rumput itu, untuk membantu sistem pencernaan mengeluarkan biasanya, sejenis hairball atau bulu-bulu yang tertelan saat dia membersihkan diri," ungkap Yuna. 

Dia juga menjelaskan harimau terlihat kurus, bukan lantaran kekurangan makan. Melainkan selama sakit, binatang buas ini nafsu makannya berkurang.

Selama ini kata Yuna, kebutuhan makan harimau itu, tercukupi. Terlebih dengan banyaknya donasi dari masyarakat, selama pandemi. 

"Kita (kasih) daging ayam, kita ada juga tambahan daging sapi atau daging babi juga ada. Kalau itu (total beratnya) sekitar 4 sampai 5 kilogram," kata dia.