Terungkap! Oknum PNS Yahukimo Jadi Pemasok Senpi KKB Papua
Oknum PNS Pemasok senjata ke KKB Papua/Satgas Nemangkawi

Bagikan:

Yahukiomo- Satgas Nemangkawi mengrebek salah satu rumah di jalur 1 bawah kompleks ambruk kota dekai, kabupaten Yahukimo, Papua.

Dari kegiatan ini, satgas berhasil mengaman sejumlah barang bukti amunisi dan magazen serta senjata tajam lainya dan atribut KNPB yang diduga akan disuplai oleh pelaku ke kelompok kriminal bersenjata KKB wilayah Yahukimo.

Waka Ops II Nemangkawi Papua, Kombes Muhammad Firman mengatakan, kegiatan ini dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat.

"Laporan masyarakat ada sebuah truk dinas berplat merah milik pemda yahukimo yang dicurigai oleh masyarakat membawa muatan sekelompok orang dan sejumlah barang bukti," kata Kombes Firman dalam keterangan resmi, Rabu, 22 September.

Setelah tim memeriksa truk tersebut, ditemukan, sekelompok orang dengan barang bukti didalam bak truk dan langsung diamankan bersama dengan sopir truk. Sopir itu merupakan Oknum PNS Pemkab Yahukimo Inisial ES. Mereka dibawa ke mako polres yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan.

"Dari pengembangan pemeriksaan terhadap sopir truk yang merupakan Oknum PNS Pemkab. Yahukimo Inisial E.S., itu, Tim Ops Nemangkawi Kembali melakukan pengrebekan sebuah rumah yang diduga merupakan tempat persembunyian sejumlah barang bukti," kata dia.

Oknum ASN Pemkab Yahukimo Inisial ES juga diketahui menyimpan Amunisi dan Magazine 5.56.

Barang bukti yang diamankan

Dari kegiatan ini, beberapa barang bukti juga ikut diamankan. Berikut barang buktinya:

1. 26 Butir amunisi 5,6 5TJ

2. 8 Butir Amunisi 38 SPC

3. 1 Buah Magazine M-16

4. 1 Pasang Pakaian Loreng KNPB

5. 1 Buah Jaket Warna Merah

6. 1 Buah Noken

7. 2 Buah Parang

8. 2 Buah Kapak

9. 1 Buah Sabit

10. 1 Buah Badik

11. 1 Buah Sangkur

12. 1 Buah Besih Tajam

13. 1 Buah Palu

14. 1 Buah Laptop Toshiba

15. 10 Buah Anak Busur

16. 1 Buah HT Icom

17. 1 Buah HT Boefeng

18. 1 Buah Radio Rig (Kenwood)

19. 1 Buah Cas HT

20. 1 Buah Printer Espon L360

21. 1 Buah PC Toshiba

22. 1 Buah Computer Lenovo

23. 1 Buah Megaphone

24. 1 Buah Speaker

25. 1 Buah Power Up

26. 1 Buah Cash Laptop Toshiba

27. 1 Buah Tas Selempang Warna Hitam

28. 1 Buah Tas Selempang Warna Biru

Sebelumnya, pada 27 Agustus, Tim OPS Nemangkawi juga berhasil mengamankan satu orang Oknum ASN Pemkab Yahukimo yang juga merupakan Camat atau Kepala Distrik yang berinisial EB, dan 15 orang lainya yang diduga merupakan simpatisan KNPB dan KKB wilayah yahukimo.

Dari 15 orang tersebut, Tim OPS Nemangkawi berhasil mengungkap 5 diataranya yang merupakan DPO polres Yahukimo atas serangkaian pembunuhan sadis di kabupaten yahukimo beberapa waktu lalu yang mengakibatkan masyarakat sipil dan Anggota Polri Maupun TNI meninggal dunia.

Kemudian pada 23 agustus juga Tim OPS Nemangkawi berhasil membebaskan Karyawan Pt. Indo Papua yang disandra oleh KKB Wilayah Dekai Kabupaten Yahukimo-Papua.

Tidak Sampai Disitu, segala upaya-upaya penegakan hukum terhadap KKB yang selalalu mengganggu stabilitas keamanan di kabupaten yahukimo dengan melakukan berbagai pembunuhan secara sadis, kini pimpinannya Ananias Yalak atau yang dikenal dengan sebutan Senat Soll berhasil diamankan oleh Tim OPS Nemangkawi, pada 2 September 2021 lalu.